Mobile Cepu Lanjutkan Proyek Banyu Urip

Ilustrasi

Mobil Cepu Ltd., anak perusahaan Exxon Mobil Corporation, kontraktor untuk Blok Cepu, melanjutkan pengembangan lapangan penuh Banyu Urip di Blok Cepu, Jawa Timur.

Proyek Banyu Urip telah menganugerahkan kontrak untuk engineering, procurement and construction (EPC 2) untuk desain dan instalasi pipa darat berinsulasi kepada konsorsium antara PT. Inti Karya Persada Tehnik (IKPT) dan PT. Kelsri.

Kontrak EPC 2 akan merancang dan memasang jalur pipa darat berinsulasi yang tertanam di bawah tanah dan berdiameter 20 inci, membentang dari fasilitas pengolahan produksi (production processing facilities/PPF) ke pantai Tuban, dengan jarak sekitar 72 kilometer.

“Kami bekerja sama dengan BP MIGAS, Pertamina dan mitra kami lainnya untuk membawa sumber daya Banyu Urip ke tahap produksi penuh sesegera mungkin, sambil memastikan operasi yang aman dan terandalkan,” ungkap President dan General Manager dari afiliasi ExxonMobil di Indonesia, Terry S. McPhail melalui siaran pers yang diterima kabarbisnis.com.

Pengembangan fasilitas full-field production ini menurutnya direncanakan dapat memproduksi 165.000 barel minyak per hari. Fasilitas tersebut mencakup 49 sumur pada tiga anjungan sumur, sebuah fasilitas pengolahan pusat (Central Processing Facility/CPF), dan pipa sepanjang 95 kilometer untuk mengalirkan minyak ke sebuah fasilitas penyimpanan dan alir-muat terapung (Floating Storage and Offloading/FSO) bermuatan maksimal 1,7 juta barrel.

“Melalui fasilitas FSO, kapal-kapal tangker akan dapat mengangkut minyak tersebut ke pasar domestik dan dunia,” lanjutnya.

Seluruh kontrak EPC ditargetkan akan selesai dalam 36 bulan, sementara menunggu persetujuan regulator, produksi lapangan tahap penuh akan dapat dimulai tidak lama setelah itu. Dan proyek ini direncanakan bisa memproduksi sekitar 450 juta barel minyak.

“Pengembangan dan produksi Banyu Urip ke depan akan membawa keuntungan berarti bagi Indonesia. Proses pengeboran, konstruksi, dan instalasi dari fasilitas ini dapat dicapai dengan dukungan dari kalangan pemasok dalam negeri, termasuk perusahaan lokal. Ribuan tenaga kerja di Indonesia akan dipekerjakan oleh Mobil Cepu Ltd beserta kontraktornya selama kurang-lebih tiga tahun masa tahap pengembangan proyek ini,” terang Terry.

Proyek ini juga akan menyediakan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pekerjanya yang dapat digunakan demi pengembangan proyek serupa di masa depan, baik pada industri minyak dan gas maupun industri lainnya.

Sementara para mitra proyek Banyu Urip memprakarsai produksi awal di akhir 2008 dan mulai mengoperasikan fasilitas produksi awal (Early Production Facility/EPF) pada bulan Agustus 2009. Fasilitas ini terbukti mampu memproduksi 20.000 barrel minyak per hari dan terus beroperasi dengan baik, dengan penjualan per hari yang disesuaikan dengan kebutuhan pembeli.

Sekedar informasi, Mobil Cepu Ltd. merupakan operator dari Blok Cepu. Mobil Cepu Ltd. dan Ampolex (Cepu) PTE Ltd., keduanya merupakan anak perusahaan dari Exxon Mobil Corporation yang memegang 45% saham partisipasi dalam blok itu bersama dengan Pertamina EP Cepu yang juga memegang 45% saham partisipasi serta Badan Kerja Sama Blok Cepu (BKS) dengan 10% saham partisipasi. kabarbisnis.com

Komentar Pembaca

  1. “A leader in well testing and early production facilities for the oil & gas industry”

    As a group company with world-class capabilities in well testing and fluid, our top priority is to offer the best service for business-based energy and resources in Indonesia. Dwipa Group was established as a company providing Non Destructive Testing for the oil and gas industry. We believe that through commitment, determination and passion for growth, opportunities are endless.
    http://www.dwipagroup.co.id

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2021. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim