Siswa Madura Juara Umum Kompetisi Matematika Internasional

ilustrasi: kabarmadura.com

Jawa Timur menjadi satu diantara pencetak poin dalam Wizards Mathematic International Competition (Wizmic) yang diselenggarakan City Montessori International College RDSO Campus Lucknow, India. Lewat dua tim asal Madura, Indonesia merebut juara umum.

Kompetisi matematika internasional yang digelar 21-24 Oktober 2011 itu diikuti oleh 12 negara termasuk Indonesia, Thailand, Nepal, Bangladesh, Afrika Selatan, Srilanka, Bulgaria dan India. Indonesia sendiri diwakili oleh 3 lembaga yaitu dari Jawa Timur, Bogor-Jawa Barat dan Kementerian Pendidikan.

Jawa Timur mengirimkan 4 orang siswanya ke kompetisi tersebut. Mereka adalah Diah Annisa Dwi Rahmani siswi Sampang, Akhmad Ramadhan Yamin siswa SMP 2 Pamekasan, Prima siswa SDBI Lawangandaya Pamekasan dan Astrid siswi SD Pamekasan. Mereka rata-rata menyumbangkan medali hingga Indonesia mendapat poin tertinggi diatas Filipina dan Thailand.

Ini menjadi kali kedua Indonesia meraih juara umum. Sebelumnya, pada 2009, Indonesia juga mendapatkan juara umum dalam kompetisi yang sama.

Harun Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan siswa asal Madura itu. Mereka mampu membuktikan bahwa siswa daerah tidak kalah dengan siswa kota yang dikenal dengan kemudahan fasilitas.

“Ini bagian dari karakter bangsa. Mereka punya jati diri untuk memajukan bangsa, karena kalau mereka tidak punya itu, tidak akan bisa jadi juara,” kata Harun dalam konferensi pers di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim.

Keberhasilan siswa-siswi tersebut mencetak prestasi dalam olimpiade berskala internasional juga patut diapresiasi. Harun berjanji bahwa mereka akan tetap diperhatikan Pemerintah dengan terus memberikan pembinaan hingga para siswa berprestasi itu menjalani jenjang pendidikan tertinggi.suarasurabaya.net

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim