45,7 Persen Penduduk Belum Miliki Jamban Sehat

ilustrasi: environmentalsanitation.wordpress.com

Penduduk di Jawa Timur sekitar 37 juta jiwa. Dari data riset kesehatan dasar (riskesdas), penduduk yang belum memiliki akses terhadap jamban sehat sekitar 45,7 persen.

Dengan adanya bantuan dari USAID terkait kerjasama dengan Indonesia Urban Water Santitaion and Hygiene (IUWASH), diharapkan masyarakat yang mempunyai jamban sehat mencapai 75 persen.

“Targetnya kita capai setinggi mungkin, seperti apa yang komitmen pemerintah daerah lakukan kita akan berikan bantuannya. Sesuai dengan MDGs (Millennium Development Goals) harus mengurangi setengah yang tidak terlayani,” kata Program specialist environment office USAID-Indonesia, Trigeany Linggoatmodjo kepada wartawan di sela acara Peluncuran program IUWASH dan penandatangan nota kesepahaman kerjasama dengan 5 kabupaten/kota di Jawa Timur, di Hotel Majapahit Jalan Tunjungan.

Dari laporan Riskesdas 201, penduduk yang memiliki akses terhadap jamban sehat sebesar 54,3 persen dan masih ada 34 persen penduduk yang masih menjadikan lahan terbuka sebagai tempat pembuangan tinja. Sementara rumah tangga yang menggunakan air PDAM tercata baru 13,3 persen.

Lima daerah yang mendapatkan bantuan dari program perluasan akses air minum dan sanitasi (IUWASH) dengan pendanaan dari USAID pada tahun 2011 yakni Kota Probolinggo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Mojokerto.

Bantuan teknis itu berupa, peningkatan kebutuhan terhadap pelayanan air dan sanitasi di kalangan masyarakat. Peningkatan kapasitas pelayanan bagi penyelenggara pelayanan. Dukungan penciptaan lingkungan yang mendukung untuk perluasan akses sanitasi dan air.

Sementara Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengaku bantuan tersebut dapat membantu percepatan memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi.

“Paling penting buat kita, target MDGs terpenuhi dalam beberapa tahu ke depan. Ada 2 juta lebih orang yang dapat dilayani (akeses air minum dan sanitasi),” jelas wagub yang biasa disapa Gus Ipul. detiksurabaya.com

2 Komentar Pembaca

  1. saya salut dan terima kasih pada program jamban buat penduduk diJatim, namun dibalik maksud kalau masih ada program tersebut mohonlah untuk sedianya memberikan bantuan pada penduduk di Dusun Benden, Desa Gondang legi Kec.Prambong Nganjuk,sangat banyak penduduk yg belum memiliki Jamban.
    terima kasih

  2. saya sangat berterima kasih pada program jamban sehat di jatim, mudah-mudahan akan selalu terlaksana sampai akhirnya semua penduduk jatim punya jamban ..

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim