11 Daerah Alami Kekeringan Sangat Parah

ilustrasi

Kekeringan yang melanda Jawa Timur makin parah. Dari 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur, 11 diantaranya, mengalami kekeringan sangat parah.

Siswanto Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur pada Suara Surabaya, mengatakan dari 11 kabupaten itu 4 diantaranya ada di Pulau Madura. Rata-rata kondisinya kritis dan tidak ada air sama sekali.

Jarak pengambilan air di atas 25 meter, Siswanto menegaskan bencana kekeringan ini tanggungjawab Pemerintah Propinsi dan Pusat. Diantara daerah di Jawa Timur yang paling parah, Pulau Madura, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Malang, Probolinggo, Lumajang, Probolinggo, Situbondo dan Bondowoso.

Sekarang ini, sudah ada 651 desa di 13 Kabupaten dibantu Pemerintah Pusat dan Provinsi. Tiap desa mendapat bantuan 2 tandon dan 30 jerigen serta 2 tangki air per hari.

Sementara Kabupaten Jombang dan Mojokerto tidak mengajukan bantuan karena masih mampu menangani sendiri. Untuk kabupaten yang tidak mampu baru diambil alih Pemerintah Provinsi atau Pusat.

Bantuan air yang didistribusikan ke penduduk, sementara hanya untuk kebutuhan minum dan masak. Untuk cuci dan mandi, penduduk menggunakan air yang biasa mereka pakai. suarasurabaya.net

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim