Untuk UMKM, Jamkrida Tahun Depan Harus Ditambah

ilustrasi:bisnis.com

Soekarwo Gubernur Jatim mengatakan bahwa Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) terbukti mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak dari sector industri. Dari 100 juta investasi UMKM mampu menyerap sekitar 3 sampai 4 tenaga kerja. Untuk industri dari investasi 1 milyar hanya mampu menyerap 1 atau 2 tenaga kerja saja.

Oleh karena itu, lanjut Soekarwo, Jawa Timur mengambl kebijakan ekonomi untuk memperkuat permodalan UMKM dengan pemberian kredit yang besar yang dijamin oleh Jaminan Kredit Daerah atau Jamkrida.

Angka penganguran di Jawa Timur sampai saat ini sekitar 1 juta orang lebih, setiap tahun bertambah sekitar 310 ribu angkatan tenaga kerja baru, Soekarwo menambahkan bahwa untuk hal itu dibutuhkan kredit sekitar 10 trilliun rupiah untuk UMKM, supaya bisa mengatasi pengangguran.

Itu artinya, tambah Rangga Umara reporter Radio suara Surabaya, bahwa modal Jamkrida harus ditambah sampai sekitar 500 milliar rupiah lagi. Untuk Jamkrida tahun depan akan dialokasikan sekurangnya 150 milliar dan diharapkan mampu untuk menjamin pinjaman pengusaha yang bergerak dibidang UMKM. suarasurabaya.net

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim