Bangun Sistem Informasi Pasar Online

ilustrasi: kabarbisnis.com

Langkah ini ditujukan untuk mempermudah masyarakat dan berbagai instansi pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan perusahaan swasta yang membutuhkan informasi harga komoditas di pasar Jatim.

"Kami saat ini tengah merampungkan pembangunan sistem informasi pasar online. Dengan layanan ini, semua pihak yang berkepentingan akan bisa online melihat disparitas harga antarwilayah dan harga berbagai komoditas serta barang konsumsi di Jatim," ungkap Kepala Disperindag Jatim, Budi Setiawan, di Surabaya.

Lebih lanjut ia mengatakan, komitmen Disperindag untuk membangun sistem informasi pasar online ini akan memudahkan semua stakeholder untuk memantau harga komoditas, mulai cabai, telor, bawang merah, singkong, kedelai, gula, hingga beras.

Budi berharap, sistem online ini juga akan memudahkan Perum Bulog Divre Jatim sebagai lembaga yang bertugas dalam hal stabilisasi pangan. Apalagi, jika Bulog Jatim memang memungkinkan untuk menjadi stabilisator sejumlah komoditas, tidak hanya beras seperti selama ini.

Jika memungkinkan, Pemprov Jatim menginginkan Bulog turun tangan membantu meminimalisasi perbedaan harga antarwilayah dengan cara membeli sebagian besar produksi saat panen raya dan melemparnya di wilayah lain di luar sentra produksi komoditas tersebut. Pastinya dengan harga yang lebih baik dibanding tengkulak.

"Dengan demikian, disparitas harga akan bisa ditekan. Dan untuk merealisasikannya Bulog butuh informasi di mana saja daerah yang mengalami penurunan harga karena panen raya dan mana daerah atau wilayah yang kekurangan sehingga harga melambung tinggi," ungkapnya menjelaskan. kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim