CSR Di Jatim Fokus Pendidikan & Kesehatan

Ilustrasi: bisnisindonesia.com

Pengusaha di Jatim diminta lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap masyarakat baik di sekitar perusahaan, kabupaten maupun kota lainnya di provinsi itu. Kegiatan CSR diutamakan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Ketua Penggerak PKK Jatim Nina Soekarwo mengatakan provinsi ini, yang terdiri dari 29 kabupaten dan sembilan kota serta terdiri dari 8.506 desa maupun kelurahan, sangat membutuhkan kepedulian pengusaha utamanya lewat program corporate social responsibility.

“Saya setiap kali bertemu dengan direktur perusahaan, selalu meminta agar ikut membantu program PKK Provinsi Jatim utamanya di bidang pendidikan dan kesehatan melalui CSR sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat,” kata Nina seusai meresmikan Proyek Pemberdayaan Masyarakat Desa Pandanmulyo dan Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang.

Menurut dia, keberadaan program CSR cukup penting dan posisinya strategis dalam membantu masyarakat. Seperti program CSR yang dilakukan PT Mosanto Indonesia bersama Habitat for Humanity dengan membangun instalasi saluran air bersih maupun sanitasi kepada warga di Tajinan yang mampu mencukupi kebutuhan air bersih bagi lebih 300 KK.

Dia berharap melalui program CSR utamanya di bidang pendidikan dan kesehatan bisa mengatasi sejumlah persoalan yang menjadi pekerjaan rumah Pemprov Jatim seperti angka kematian bayi maupun ibu melahirkan di Jatim.

“Angka kematian bayi di Jatim sekitar 29,2% dari 1.000 kelahiran. Jumlah tersebut relatif lebih kecil dibanding angka kematian nasional yang mencapai 34%. Sedangkan angka kematian ibu melahirkan di Jatim tahun ini naik dari 97,1 dari 100.000 ibu yang melahirkan menjadi 101 namun jumlahnya masih relatif lebih kecil dibanding angka nasional sebesar 228.”

I Nyoman Buana, Direktur Divisi Sayuran PT Monsato Indonesia, mengatakan program CSR yang dilakukan oleh Monsanto akan fokus pada masalah kesehatan dan pendidikan. Dan hal itu tidak hanya dilakukan di Kabupaten Malang, melainkan juga daerah lainnya di Jatim.

“Melalui program ini kami berharap mampu meningkatkan derajat kehidupan masyarakat di bidang kesehatan maupun pendidikan,” tambah dia.

Direktur Nasional Habitat for Humanity, James Tumbuan, mengatakan kegiatan CSR yang dilakukan tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama strategis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bersama masyarakat kami membangun akses air bersih, sanitasi untuk rumah tangga, serta edukasi mengenai rumah yang layak. Dengan begitu tingkat kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat semakin meningkat,” jelasnya. bisnis.com

4 Komentar Pembaca

  1. kami SMK Negeri 10 Malang membutuhkan bantuan dari perusahaan di jawa timur yang bergerak di bidang Rekayasa otomotive untuk memberikan bantuan program pelatihan bagi guru – guru produktif otomotif.

    WAHYU PRASADJA, S.Pd
    WAKA HUMAS SMKN 10 MALANG
    JL. RAYA TLOGOWARU KEC, KEDUNG KANDANG KOTA MALANG
    TELP. 0341 754086
    FAX. 0341 754087
    HP. 087859980177

  2. kami sebuah lembaga swadaya yg bergerak di bidan kesehatan membutuhkan bantuan dari perusahaan untuk berpartisipasi dlm program kesehatan yang berbasis pada pemberdayaan kesehatam masyarakat

    ZIRZI ZUBEIR
    Cita Sehat Foundation Cab.Surabaya
    Jl.Sidosermi 2 KAV 321 Surabaya

    TELP. 031 8491298
    HP. 081216661040
    085854070075

  3. kami Lembaga Kursus Broadcasting , Public Speaking , bisa bekerjasama dalam program pemberian pelatihan kepada anak2 yg belum bekerja agar bisa mempunyai keahlian dan bekal untuk mencari pekerjaan

    PROBEST ( Professional Broadcasting School)
    Jl.Pucang Anom Timur No.5 ( Kompleks toko Buku Petra Togamas)

    Contact Person : 031 – 33007600 / 081331530129 / 082233540355 / 082132310809

  4. kami sebuah madrasah Tsanawiyah (MTs) bernama MTs.MMP DARUL ULUM GRATI, berdomisili di wilayah kecamatan Grati Pasuruan, terletak dekat danau Ranu Grati (potensi alam untuk wisata dan perikanan), ingin membangun kemandirian lembaga lewat sektor wira usaha lembaga di bidang budi daya perikanan karamba apung, kami mengharap ada CSR yang bisa mendukung program kami.
    alamat : Jl, Raya Ranu Grati Desa Ranulindungan Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan
    Contact Person 081232983273

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim