Pabrik Mebel Milik Pengusaha Asing Bermunculan

ilustrasi: kompas.com

Sekitar 40 persen industri mebel (furnitur) Indonesia berada di Jawa Timur. Namun saat ini di Jatim bermunculan pabrik milik pengusaha Taiwan.

Hal itu diungkapkan Taufik Ghani, Ketua Bidang Keuangan Asosiasi Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmisindo) di Jakarta.

Taufik yang juga perwakilan Asmisindo Surabaya menambahkan, hal itu terjadi karena Amerika Serikat menerapkan aturan tambahan pajak sebesar 30-50 persen, untuk bed set dari China yang masuk ke Indonesia.

“Mereka mencari akal dengan memproduksi di Indonesia, yaitu Surabaya. Awalnya di Vietnam. Tetapi karena sulit bahan baku, akhirnya pindah ke Indonesia,” ujar Taufik.

Perihal bahan baku, Taufik meminta pemerintah lebih serius mengawasi peredaran bahan baku. Harus dipastikan agar tidak diimpor dalam bentuk komponen atau bahan baku.

Andre dari Asmisindo perwakilan Jepara, Jawa Tengah, menambahkan, saat ini perusahaan yang bertahan adalah perusahaan penanaman modal asing yang manajemennya kuat. Selain itu, menguasai produksi dan pemasaran.

“Masuknya PMA baru di Jepara menyedot bahan baku. Mereka memiliki modal besar dan,” kata Andre. kompas.com

4 Komentar Pembaca

  1. semakin majunya zaman memang sekarang ini banyak mebel asing yang muncul di indonesia, tetapi mebel jepara merupakan yang selalu mengutamakan kualits, taks atas infonya bos. kita akan selalu mempertahankan keutuhan furniture kita.. silahkan kunjung http://www.ukirjepara.com/

  2. Semoga produk lokal mampu bersaing dengan produk luar yang kini semakin gencar masuk ke pasaran Indonesia. Butuh peralatan furniture lengkap ? Silahkan order di http://www.soponyonomebel.com/

  3. Salam #kayubijak
    Barangkali ada kebutuhan dan inquiry mengenai mesin-mesin dan tooling sparepart kayu dan woodworking kami dari PT. Alpha Utama Mandiri Surabaya sebagai Distributor dan Supplier Penjualan Mesin-Mesin Industri Kayu, PLYWOOD, dan Tooling Sparepart untuk kebutuhan industri kayu. Feel Free To ASK. +62 81413312322(WAA)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim