Sekdaprov Ajak Ibu Tekankan Pendidikan Karakter

Sekdaprov Jatim Dr H Rasiyo MSi didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jatim Dra Hj Purmiasih Rasiyo bersilaturahmi dengan anggota Dharma Wanita Persatuan Jatim, Kamis (22/9).

Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini bak pisau bermata dua. Di satu sisi bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan intelektual, tapi di satu sisi membawa banyak implikasi negatif. Salah satunya maraknya pornografi, kejahatan dunia maya, hingga membentuk generasi yang kurang sosialisasi dan agresif karena kecanduan yang amat tinggi terhadap piranti teknologi informasi.

Karena itu dampak negatif itu harus dieliminir. Salah satunya dengan mengenalkan pendidikan karakter pada anak sejak ini. Demikian yang disampaikan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jatim Dra Hj Purmiasih  Rasiyo saat membuka kegiatan ‘Pemantapan, Peningkatan dan Ketakwaan Anggota Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jatim’ di Graha Wicaksana Praja lantai 8 Kantor Gubernur Jl Pahlawan, Kamis (22/9).

Dijelaskan  Hj Purmiasih, saat ini perangkat yang paling memengaruhi anak di antaranya komputer, handphone hingga games. “Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari produk hasil kemajuan teknologi ini tentu saja tergantung dari pemanfaatannya,” katanya.

Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.

Demikian halnya dengan pengaruh games. Salah satu contoh pengaruh buruk, tanpa sepengetahuan orangtua, anak mengonsumsi games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. “Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak. Selain itu mereka kurang sosialisasi,” katanya.

Dengan kondisi ini, kata Purmiasih, dia meminta anggota Dharma Wanita yang notabene adalah para ibu, untuk terus memonitor anak dalam berinteraksi dengan perkembangan teknologi informasi.  “Kenalkan pendidikan agama sebagai tameng, dan dampingi anak dalam tumbuh kembang dengan mengenalkan sisi positif dan negatif atas segala hal,”  katanya.

Kegiatan  ini juga dihadiri Sekdaprov  Dr  H Rasiyo MSi. Dalam momen ini, Sekdaprov juga memaparkan kinerja perekonomian Jatim dan targetnya sampai 2014 mendatang di bawah kendali Gubernur Soekarwo dan Wagub Saifullah Yusuf.  “Pemaparan ini agar para ibu juga memahami apa yang dilakukan suami, sebab sukses suami juga sukses istri,” kata Rasiyo. tis

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim