Pabrik Gula Mulai Dibangun di Lamongan

ilustrasi

Di Lamongan akan segera beroperasi pabrik gula di Kecamatan Mantup yang berkapasitas produksi terpasang 10.000 ton per hari. Pabrik yang dibangun investor dari Jakarta, PT Kebun Tebu Mas (KTM), itu ditargetkan beroperasi pada September 2013 atau paling lambat April 2014.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lamongan, dari luas lahan sawah yang mencapai 88.221 hektar, lahan tadah hujan yang memiliki potensi perkebunan tebu mencapai 30.771 hektar. Alokasi untuk PT KTM 18.032 hektar. Di luar itu, PT KTM akan membeli tebu dari rakyat dengan sistem jual putus.

Berdirinya pabrik gula yang berada di Desa Kedungsoko, Kecamatan Mantup, akan menjawab permintaan pasar terhadap kebutuhan gula yang semakin tinggi. Selain itu, adanya pabrik gula menyerap tenaga kerja, menurunkan angka pengangguran, dan menciptakan peluang usaha serta bisnis.

”Yang jelas, juga meningkatkan pendapatan asli daerah dan sektor perindustrian,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Lamongan Aris Wibawa, saat konsultasi publik dan sosialisasi analisa mengenai dampak lingkungan (amdal) pabrik gula di Lamongan..

Ketua Tim Penyusun Amdal dari PT Geospasia Wahana Jaya, Dewi Dwirianti, menuturkan, dengan amdal hak masyarakat akan terlindungi karena dokumen itu merupakan bentuk janji dan akan ada konsekuensi hukum apabila dilanggar. ”Dengan dibuatnya Amdal PT KTM sebelum dimulainya masa produksi yang direncanakan pada akhir tahun ini, maka hak-hak masyarakat sekitar pabrik akan terlindungi.

”Buku amdal merupakan bentuk janji dan akan ada konsekuensi hukum apabila dilanggar,” ujar Dewi.

Petani binaan KTM akan dimanfaatkan menggunakan sisa limbah untuk dijadikan kompos sebagai pupuk atau rabuk tanaman. Selain itu, tidak akan ada lagi truk pengangkut tebu petani yang berjejer menunggu berhari-hari. kompas.com

Komentar Pembaca

  1. Assalamualaikum wr wb. Izin bertanya sedikit,mohon untuk di respon ya..apakah bisa PT. Kebun Tebu Mas di buat penelitian skripsi tugas dari universitas ya pak

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim