Bakorwil Pamekasan Dropping Air Bersih

Warga Desa Padelegan Kecamatan Pademawu berebut mendapat air bersih yang dibagikan secara gratis oleh Bakorwil Pamekasan, Rabu (14/9) kemarin. Tampak Sekretaris Bakowil, Tajul Falah memimpin langsung dropping air tersebut.

Dropping air bersih dilakukan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pamekasan untuk desa-desa di wilayah Bakorwil yang mengalami kekeringan. Dropping air bersih gratis tersebut diawali dari Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

Kepala Bakorwil Pamekasan Eddy Santoso ketika dikonfirmasi via telpon mengatakan, langkah pemberian air gratis tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Gubernur Jatim Dr H Soekarwo, SH, MHum terhadap nasib masyarakat bawah yang menderita akibat dilanda kekeringan.

“Bakorwil sebagai garda terdepan gubernur di Pamekasan tentu harus bergerak cepat. Salah satunya adalah membantu desa-desa yang terdekat dulu yakni di Pamekasan. Seterusnya akan bergerak ke desa-desa di luar Pamekasan,” jelas Eddy Santoso.

Menurut Eddy, bantuan air bersih baru langkah awal untuk menangani masalah kekeringan, selanjutnya akan dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan SKPD terkait lainnya.

“Besok (hari ini, red) SKPD-SKPD terkait di Pemprov Jatim seperti PU Pengairan, Dinkes dan lain-lain akan bertemu membahas hal tersebut,” tambahnya lagi.

Ditemui di lokasi dropping air bersih, Sekretaris Bakorwil Pamekasan Tajul Falah menjelaskan sebelum mendistribusikan air bersih, pihaknya telah berkoordinasi dengan pimpinan daerah tentang lokasi desa-desa yang penduduknya sulit mendapat air bersih.

“Maksudnya agar ada sinergi dalam penyaluran bersih antara Bakorwil Pamekasan dengan Pemerintah Daerah setempat. Sehingga desa rawan air bersih yang sudah dilayani Pemkab, tidak akan kami layani lagi,” ujarnya.

Dari tujuh kabupaten/kota yang masuk wilayah Bakorwil Pamekasan ada lima kabupaten yang kekeringan yakni : Gresik, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, Sampang. Sementara dua daerah lainnya yakni Surabaya dan Sidoarjo relatif aman.

Menurut Tajul, dropping air ini menjadi bagian program membantu rakyat yang dilanda kekeringan akibat kemarau panjang. Dipilihnya di daerah sulit air itu agar rakyat tidak merogok kocek untuk membeli air maupun mencarinya dengan jarak puluhan kilometer.

Bakorwil Pamekasan mengerahkan dua buah mobil tangki berkapasitas 5000 liter dengan mengambil air di Sumber Nyamlong, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan.  Ketika dropping air didatangkan di Desa Padelegan dan Desa Pegagan, masyarakat tidak sabar untuk mengantri. Mereka saling berebut untuk lebih dulu mendapatkan bagian, sehingga pegawai Bakorwil dibantu oleh Pamong Desa setempat untuk mengatur secara tertib.

Bu Amiyah, warga Desa Padelegan, mengatakan, air merupakan kebutuhan utama.

“Kami di sini punya ketergantungan terhadap air karena sumur yang ada itu air asin, bukan untuk minum. Kami terima kasih diberi air gratis oleh bapak-bapak ini,” ucapnya.  (hms)

Tabel :

Daftar Desa Kekeringan di Bakorwil Pamekasan

Kabupaten             Desa

Pamekasan             Tlesah, Ambat, Pagagan dan Padelegan

Sampang                 Torjun, Sokobanah dan Robatal

Sumenep                 Pasosongan, Perancak dan Desa Laben

Bangkalan               Konang dan Kokop

Gresik                      Desa Sukun Kecamatan Panceng.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim