Kekeringan Meluas, Warga Nganjuk Naik Gunung Cari Air Bersih

ilustrasi

Sedikitnya 367 kepala keluarga (KK) di Desa Jatirejo, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, terpaksa tiap hari harus naik ke kaki Gunung Wilis (2552 mdpl) untuk mencari air bersih.

“Warga sini memang harus naik gunung untuk cari air. Saat ini, air bersih sudah sulit dicari, karena sudah masuk kemarau,” kata Yadi, salah seorang perangkat desa setempat, Senin.

Ia mengatakan, setiap kali musim kering (kemarau) tiba sekitar Juni-Oktober, kondisi ini selalu menimpa mereka. Warga juga tidak bisa berbuat banyak, karena air di sekitar daerah itu juga sulit untuk didapat.

Di kaki Gunung Wilis itu, kata dia, warga juga tidak selalu mendapatkan air yang kondisinya sangat bersih. Tidak jarang, warna air terkadang keruh, setelah beberapa jam hujan maupun terkena kotoran atau sampah dari daun-daun yang jatuh ke dalam sungai.

Walaupun kotor, Yadi mengatakan air yang diambil dari sungai di kaki Gunung Wilis ini sangat berarti untuk warga. Selain digunakan konsumsi sehari-hari, juga untuk mencuci pakaian hingga mandi.

Sebenarnya di daerah ini ada tujuh bak penampungan air yang memang disediakan untuk warga. Tetapi, sejak dua bulan lalu, air sudah tidak lagi mengisi bak penampungan itu, karena debitnya yang semakin kecil.

Sejumlah warga pun rela terpaksa naik dan turun di perbukitan kecil menuju kaki Gunung Wilis hingga 2 kilometer. Warga hampir tiap hari terpaksa melewati jalan setapak menuju lokasi sungai itu, demi mengambil air.

Yadi berharap, pemerintah segera mengirimkan air untuk warga di daerah sini, agar tidak tiap hari memikul hingga 2 kilometer air bersih untuk keperluan sehari-hari.republika.co.id

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim