Incar Pasar Perikanan, TKI, Sapi, Ekspansi ke Sapudi

ilustrasi: complitz.com

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk BRI kantor wilayah Surabaya terus melakukan ekspansi ke pulau-pulau terluar wilayah Jawa Timur. Setelah membuka dua cabang di wilayah Kepulauan Bawean, Kabupaten Gresik, bulan September ini, bank pelat merah tersebut berencana menambah jaringan katornya di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep.

“Dengan hadir di Pulau sapudi, kami ingin memperkenalkan layanan perbankan kepada masyarakat setempat sekaligus membantu mereka yang berencana mengembangkan bisnisnya dengan penyaluran kredit,” kata Kepala Kanwil BRI Surabaya, Heru Sukanto.

Ia mengatakan, di Pulau Sapudi ada potensi bisnis perbankan yang cukup menarik. Salah satunya adalah pengiriman uang dari luar negeri (remitansi). Pulau ini terkenal menjadi salah satu daerah menjadi lokasi asal pemberangkatan TKI di Kabupaten Sumenep.

Selain remitansi, BRI juga membidik penyaluran kredit ke masyarakat. Untuk pulau ini, Heru mengatakan ada beberapa sektor yang cukup berkembang diantaranya peternakan sapi dan perikanan. Portofolio kredit yang akan ditawarkan nantinya akan berkisar di kredit usaha rakyat (KUR).

Mengenai potensi bisnis, Heru yakin, biaya investasi pembukaan kantor cabang Pulau Sapudi akan kembali (break even point/BEP) dalam 18 bulan. Optimisme ini merujuk pada kesuksesan BRI Cabang Pulau Bawean di mana dalam 2 bulan pertama beroperasi sudah berhasil menghimpun Rp 6,5 miliar dana masyarakat dengan penyaluran kredit mencapai Rp 1 miliar.

BRI sendiri merupakan bank pertama yang membuka kantor operasional di Pulau Sapudi.

Saat ini jaringan kantor BRI Kanwil Surabaya mencapai 267 unit dan ditargetkan bisa bertambah hingga 277 unit pada akhir tahun 2010. Bulan September ini, BRI Kanwil Surabaya membuka 5 kantor cabang baru di Bronggalan, Dungus Krian, Pulau Sapudi, Mojoanyar, dan Keputih.kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim