Lahan Rumah Murah Butuh Kerelaan Pemda

ilustrasi: majalahforum.com

Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa berharap kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur beserta pemerintah kota atau kabupaten menyediakan lahan untuk pembangunan program rumah murah.

“Kami harap pemerintah daerah menyediakan lahan sebanyak-banyaknya untuk membantu pencapaian program rumah murah. Ini demi rakyat yang belum memiliki tempat tinggal,” ujar Suharso yang ditemui ketika berkunjung di Surabaya.

Dikatakannya, hambatan utama selama ini yakni penyediaan lahan yang masih sangat minim sampai sekarang. Karena itulah pihaknya meminta pemerintah daerah mengupayakannya.

Menurut dia, jika pemerintah daerah tidak bisa menyediakannya, maka tidak ada pilihan lain kecuali menawarkannya ke pengembang perumahan. “Kalau memang tetap kesulitan maka harapan ada di pengembeng. Tentunya dengan memberikan intensif,” tutur pejabat yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) tersebut.

Program rumah murah ini merupakan program nasional yang pada 2014 mendatang ditargetkan selesai sejuta unit. Sebanyak 650 ribu unit di antaranya merupakan rumah baru yang akan dibeli masyarakat semua lapisan, khususnya bagi masyarakat dengan perekonomian menengah ke bawah.

Sedangkan 350 ribu unit lainnya dibangun melalui mekanisme Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Bidang Perumahan dan Permukiman.

Dijelaskan Suharso, rumah baru akan dibangun untuk rakyat tanpa proses berbelit dan cicilan murah. Per satu unit, rumah tersebut dihargai Rp25 juta. Per bulannya, setiap warga hanya dikenai biaya antara Rp200-250 ribu yang pembayarannya melalui bank.

“Yang penting ada lahan. Nanti untuk pemasangan air dan listik pertama kali, anggaran dibebankan kepada pemerintah. Sekali lagi, ini kembali ke pemerintah daerah agar menyediakan lahan,” papar dia.

“Di beberapa daerah di Kabupaten Malang sudah ada. Disana pengembang dan pemerintahnya bersinergi dengan menyediakan lahan untuk pedagang tahu, bakso, sate dan sebagainya,” ucap Suharso, menambahkan. (Ant)

Komentar Pembaca

  1. Gmana cra dapetin rmh murah dr program pemerintah?

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim