Siapkan Pemantau Kondisi Jalan

Kompas.com

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BP2JN) V dan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur pada musim Lebaran 2011 mendirikan 14 Posko Lebaran. Posko untuk memantau kondisi jalan terutama yang digunakan untuk jalur-jalur mudik dan balik, serta menerima pengaduan masyarakat tentang kerusakan jalan.

Posko Lebaran tersebar di 12 kabupaten, dan 2 di Kota Surabaya,termasuk di Kantor Balai Pemeliharaan Jalan (BPJ), mulai efektif H-7 dan berkahir H+7 Lebaran.

Beberapa lokasi Posko Lebaran tersebut meliputi Kantor Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V Surabaya, Balai Pemeliharaan Jalan (BPJ) Mojokerto, BPJ Bojonegoro, BPJ Madiun, BPJ Malang, BPJ Pacitan, BPJ Tulungagung, BPJ Probolinggo, BPJ Jember, BPJ Banyuwangi, BPJ Pamekasan, BPJ Surabaya dan BPJ Kediri.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (B2PJN) V, Kementerian Pekerjaan Umum AG Ismail di Surabaya, Jumat (19/8/2011), mengatakan, setiap posko dilengkapi beberapa peralatan berat, seperti buldozer, motor grader, loader, dump truk, trailler dan jembatan bailley.

Keberadaan alat-alat itu dapat memberikan tindakan sewaktu-waktu ketika ada kondisi darurat yang memerlukan penanganan mendesak. “Petugas yang siaga di posko bekerja 24 jam,” katanya.

Apalagi pada tahun 2011 ini pembangunan dan pemeliharaan jalan nasional di Jatim mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat, sehingga mendapat kucuran dana Rp 1,8 triliun. Dari dana tersebut total penanganan, meliputi pembangunan dan pemeliharaan jalan sepanjang 2.143,16 k ilometer, jembatan sepanjang 9.632 meter dan jembatan layang sepanjang 805 meter. Kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim