Lagi, Ekonomi Jatim Lampaui Nasional

belanja rumah tangga kontribusi terbesar (buravi.com)

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur (Jatim) merilis, laju pertumbuhan ekonomi Jawa Timur semester I/2011 mencapai 7,12%. Lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 6,5%.

Sektor pengangkutan dan komunikasi tumbuh sebesar 14,96%, konstruksi tumbuh 9,30%, perdagangan, hotel dan restoran tumbuh 8,56%, keuangan, persewaan dan perusahaan sebesar 8,36%. Adapun sektor pertambagan dan penggalian tumbuh 7,65%, listrik, gas dan air bersih tumbuh 7,13%, industri pengolahan tumbuh 5,81%, dan pertanian tumbuh 3,88%.

“Walaupun sektor pengangkutan dan komunikasi mengalami pertumbuhan tertinggi, kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi Jatim hanya mencapai 1,05%,” ungkap Kepala BPS Jatim, Irlan Indrocahyo, di Surabaya.

Sementara sektor yang berkontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Jatim masih disandang oleh sektor perdagangan, hotel dan restoran yang mencapai 2,61%. Disusul industri pengolahan sebesar 1,45%, dan sektor pertanian hanya sebesar 0,65%.

Lebih lanjut Irlan mengungkapkan, saat ini, kondisi perekonomian semakin baik. Kredit bank juga mengucur lumayan deras.

Adapun struktur ekonomi menurut lapangan usaha, komposisi struktur ekonomi Jatim pada semester I/2011 tetap didominasi oleh tiga sektor terbesar, yaitu perdagangan, hotel dan restoran, industri pengolahan dan sektor pertanian.

Ketiga sektor tersebut menyumbang sebesar 73,54%. Dengan perincian, sektor perdagangan, hotel dan restoran menyumbang sebesar 29,30%, industri pengolahan menyumbang 26,64% serta pertanian berkontribusi 17,60%.

Adapun pertumbuhan ekonomi Jatim berdasarkan komponen penggunaan, maka konsumsi rumah tangga masih menjadi penyumbang terbesar, mencapai 70,14%, disusul ekspor, baik ekspor antar pulau maupun ekspor Antar negara yang mencapai 50,45%. kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim