Gubernur dan Wagub Jatim Deklarasikan Gerakan Zakat

Gubernur Jatim Soekarwo

Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf mendeklarasikan “Gerakan Jatim Berzakat” bersama jajaran pejabat dan forum pimpinan daerah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (2/8).

Dalam deklarasi itu, Gubernur menyerahkan zakat senilai Rp10 juta, Wagub dan Sekdaprov Jatim Rasiyo masing-masing senilai Rp5 juta dan Rp3 juta. Gubernur mengimbau kepada semua kepala dan staf satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di jajaran Pemprov Jatim untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat (BAZ) setempat.

“Sebelumnya kami minta kepala dan staf SKPD untuk mengisi sertifikat zakat yang sudah dibagikan di setiap SKPD. Selanjutnya petugas BAZ yang akan mengambil zakat itu,” kata Soekarwo. Dalam kesempatan itu, Gubernur dan Wagub menyerahkan bantuan secara simbolis dari BAZ Jatim kepada para dhuafa dalam bentuk modal usaha kepada dua orang, masing-masing senilai Rp5 juta dan Rp1 juta.

Bantuan juga diberikan kepada dua siswa SMA sebagai beasiswa, masing-masing sebesar Rp800 ribu, dua orang penerima dana renovasi rumah, masing-masing senilai Rp7 juta, dan dua penerima bantuan sosial fakir miskin, masing-masing senilai Rp200 ribu per bulan selama satu tahun. Saifullah Yusuf selaku Ketua Badan Pelaksana BAZ Jatim melaporkan bahwa hingga Juli 2011, lembaga yang dipimpinnya itu melakukan pendayagunaan dana zakat.

Dana zakat itu kemudian digunakan sebagai bantuan modal bergulir kepada 2.154 unit UMKM dengan total dana sebesar Rp2,7 miliar, beasiswa SD, SMP, dan SMA untuk 8.339 siswa, dan bantuan pelatihan otomotif dan pertukangan kepada 136 pemuda dari kalangan dhuafa.

Dana yang dihimpun BAZ Jatim itu juga digunakan untuk pengobatan dan operasi katarak gratis kepada 8.699 orang, melakukan pembinaan intensif bidang pengembangan ekonomi, pendidikan, dan spiritual di empat kampung di Kota Surabaya, memberikan santunan kepada 118 fakir miskin, dan bantuan renovasi rumah kepada 15 keluarga duafa di Kota Surabaya.

“Zakat merupakan rukum Islam ketiga. Belum sempurna keislaman seorang muslim sebelum menunaikan zakat,” kata Saifullah Yusuf yang juga mantan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal itu. (bhi)

2 Komentar Pembaca

  1. butuh bantuan dana bagi para donatur untuk membantu saudara kita yang kekurangan, ditempat kami KKT di desa banjarsari kecamatan bangsalsari kabupaten jember ada 1 keluarga yang teri diri dar5 orang penderita katarak….mereka membutuhkan bantuan kita…jika ada yang bersedia membantu bisa kontak kami di
    febri : 085749950650
    ishaq : 085231134144

  2. Pak Gubernur Jawa Timur yth,

    Saya sangat risi melihat kondisi bandara Juanda 1 yang dikatakan teman dari Singapura..seperti kandang babi……penataan lahan parkir yang semrawut seperti tidak ada management sama sekali. Usul…1).lahan parkir dibuat tiga lantai…dan setiap lantai dihubungkan ke bandara…..pakai eskalator….panjang seperti di golden City may.jen Sungkono…….2) Plaza bandara supaya
    diperlebar…4 kali dri yang sekarang……tidak seperti
    sekarang….rasanya di
    terminal bungurasih saja……sumpek……..! 3 ) buat transportasi kereta…..ke dan dari terminal 1 dan terminal 2…contoh kereta nyontoh aja bandara Kuala nama…..4) buat angkutan massal kereta (seperti bandara Kuala namo) dari bandara Juanda sampai Tanjung perak,,,,,,lewat 2 jalur….lewat jalur timur,,,,pondokan Candra….Bunderan ITS…..sampai perak…( melayang ditengah jalan tol lingkar timur)’?..lewat jalur barat….bandara Juanda ..waru bungurasih…Cito …royal Residence,,,,,joboboyo….adi tya warm an…may jen Sungkono ….hr Muhamad….landmark….ptc….berakhir di gwalk Citraland dekat masjid raya Citraland……demikian pa gubernur….salam dari rakyat Jawa timur,…yang ingin melihat Jawa timur maju pesat…..God Bless you……for ever,

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim