Jumat, 31 Maret 2017

Petrogres Bangun Pabrik Asam Fosfat

Petrokimia Gresik

Gedung PT Petrokimia Gresik (Photo by Pandu Swaraga)

PT Petrokimia Gresik (Petrogres) bersama Jordan Phosphate Mines Co Plc merealisasikan pembangunan pabrik asam fosfat berkapasitas 200.000 ton per tahun mulai Agustus 2011.

Pembangunan pabrik di Gresik, Jawa Timur ini diproyeksikan selesai pada awal 2014, sehingga bisa menekan ketergantungan impor bahan baku untuk pupuk NPK ini.

“Pembangunan pabrik ini memakan waktu 30 bulan,” kata Direktur Utama Petrogres Hidayat Nyakman di Jakarta, Rabu (20/7), usai menyaksikan penandatanganan kontrak antara PT Petro Jordan Abadi dengan konsorsium PT Rekayasa Industri-Wuhan Engineering Co Ltd untuk pembangunan pabrik.

Menurut dia, Petrogres bersama Jordan Phosphate Mines Co Plc (JPMC) membuat perusahaan patungan PT Petro Jordan Abadi dengan komposisi saham 50:50. Pada tahap awal sudah ada modal setor masing-masing sekitar 2 juta dolar AS.

Pembangunan pabrik ini menelan biaya sekitar 184,3 juta dolar AS yang sekitar 70 persen atau 129 juta dolar AS. Di antaranya merupakan dana pinjaman dari konsorsium Bank Mandiri dan Bank Ekspor-Impor Indonesia. Sisanya sebesar 55,3 juta dolar AS merupakan modal sendiri yang berasal dari Petrogres dan JPMC.

“Pembangunan pabrik ini memiliki nilai strategis untuk menjaga kepastian pasokan bahan baku utama pupuk majemuk (NPK), yaitu fosfat,” ujar Hidayat.

Dia mengatakan, selama ini Petrogres masih mengimpor sekitar 400.000 ton asam fosfat per tahun yang sebagian besar diimpor dari Yordania. Petrogres sendiri sebenarnya telah memiliki pabrik asam fosfat dengan kapasitas 200.000 ton per tahun, yang bahan baku batuan fosfatnya juga diimpor dari Yordania dan Mesir. “Kami membutuhkan sekitar 600.000 ton asam fosfat untuk memproduksi sekitar 2,2 juta ton NPK Phonska,” tuturnya.

Untuk mengurangi ketergantungan impor tersebut, lanjut Hidayat, Petrogres menggandeng JPMC sebagai produsen asam fosfat untuk membangun pabrik di Indonesia. JPMC juga sekaligus penghasil batuan fosfat terbesar di Yordania. “Pasokan batuan fosfat dan asam fosfat di dunia sangat terbatas dan harganya terus meningkat,” ujar Hidayat.

Saat ini produsen batuan fosfat terbesar adalah Maroko, Yordania, Mesir, dan Tunisia. Pasokan yang terbatas dan permintaan yang tinggi dari berbagai negara mendorong kenaikan harga batuan dan asam fosfat di dunia. Saat ini harga asam fosfat di dunia mencapai sekitar 1.100 dolar AS per ton dan harga batuan fosfat menembus angka 220 dolar AS per ton. “Beruntung kami punya kontrak setahun dengan JPMC, sehingga dapat harga batuan fosfat 160 dolar AS per ton,” ucapnya.

Lebih jauh Hidayat Nyakman mengatakan, Petrogres juga akan meningkatkan kapasitas pabrik asam fosfat Petrogres pada tahun depan menjadi 300.000 ton per tahun. “Tahun depan kami akan melakukan repumping pabrik asam sulfat yang ada, sehingga kapasitas produksinya naik dari 200.000 ton menjadi 300.000 ton,” katanya.

Sementara itu Komisaris Utama dan CEO JPMC Walid Ismail Kudri mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Petrogres sebagai pemasok batuan dan asam fosfat sejak 1985. Selama ini Indonesia merupakan pasar fosfat yang besar, karena kebutuhan pupuk yang tinggi. “Indonesia merupakan pasar besar dengan ekonomi yang makin kuat,” katanya.

Oleh karena itu, selain menjalin kerja sama dengan Petrogres membangun pabrik asam fosfat, JPMC juga akan membangun pabrik yang sama di Kalimantan dan Makassar bekerja sama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Pupuk Sriwijaya. “Kami akan bangun 2 proyek lagi,” ujarnya. (Tribunenews.com)

6 Komentar Pembaca

  1. Mohon dikoreksi seharusnya PT Petrokimia Gresik (Pabrik Pupuk) bukan PT Semen Gresik (Pabrik Semen), dan gambarnya juga tolong direvisi. Terima Kasih.

    • Terima kasih Bapak Saiful Arif sudah diingatkan, akan segera kami tindaklanjuti

  2. Mhn kerjasamanya…kami ada batu fosfat..dr daerah purwodadi..jika petrokimia bersedia menampung fosfat kami bisa menyediakan dan mungkin nanti petrokimia bisa mendirikan pos posfat di daerah purodadi jateng
    Trimaksh

  3. Saya bergerak di bidang tambang phospat
    Hub sy : 081333467449
    Atau : http://mahesajennarDU001.simdif.com
    Trimah Kasih

  4. Menyediakan batuan phospat ,ziolit,Guano . info lebih lanjut hub 085293738387 (Bapak suroso)
    pengiriman dari Gunungkidul,Yogyakarta .

  5. saya mempunyai lahan fospat seluas dua hektar tempatnya di sumenep .dan siapa yang mau membeli saya siap untuk melayani.dan hubungi 081335835557/087853936663

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim