Gubernur Jatim Terima Dua Penghargaan Prestisius

Gubernur Jatim saat menerima piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI)

Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo yang akrab dengan sapaan Pakde Karwo menerima dua penghargaan prestisius pada Puncak Peringatan Hari Keluarga XVIII tahun 2011 Tingkat Provinsi, yang diadakan di Alun-Alun Kabupaten Situbondo, Sabtu (16/7). Penghargaan tersebut adalah Penghargaan Lencana  Manggala Karya Kencana sebagai tanda penghargaan untuk daerah yang sangat peduli terhadap program keluarga bencana dan memberikan dukungan secara kongkrit dengan langkah yang nyata, yang diterima dari  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Penghargaan lain yang diterima pada kesempatan itu adalah penghargaan dari MURI Indonesia , karena Jawa Timur telah mampu mencetak rekor berupa peserta KB Implant terbanyak yaitu sebanyak 6.011 peserta yang dilaksanakan selama 2 x 24 jam mulai tanggal 22 Mei 2011 pukul 22.00 sampai dengan tanggal 24 Mei 2011 pukul 22.00, peserta MOP sebanyak 340 pria dari Kabupaten Situbondo dan pemasangan IUD untuk 24.262 PUS yang tersebar di Jawa Timur, dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Mei 2011.

Penghargaan Lencana  Menggala Karya Kencana juga diterima oleh Bupati Bojonegoro karena telah mampu mengumpulkan jumlah peserta KB terbanyak dan memberikan dukungan secara konkrit dan langkat yang konkrit

Dalam sambutannya Pakde Karwo menyatakan bahwa penghargaan tersebut untuk semua masyarakat Jawa Timur. “Saya  terimakasih  dipercaya oleh masyarakat Jawa Timur sebagai tempat cantelan Lencana Manggala Karya Kencana. Penghargaan ini adalah karena kerja keras dan kerelaan masyarakat Jatim ikut menyukseskan Program KB, terutama bagi mereka yang secara langsung menangani pelayanan KB, para bida, penyuluh KB, dan para dokter ”ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pangdam V Brawijaya. “KB  bukanlah pekerjaan TNI AD, tetapi mereka sangat peduli dengan program KB , sehingga secara langsung dapat dikatakan  ikut berperan dalam menyukseskan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera,”lanjutnya.

Lebih lanjut Pakde Karwo menyatakan bahwa program KB ikut membentuk keluarga kecil dalam suatu bangsa, yang berdampak memperkuat negara. Karena dengan keluarga kecil komunikasi antar anggota keluarga dapat terjalin dengan rukun (sakinah), saling mencintai (mawadah) dan waromah (mendapatkan kebahagiaan).

Pada kesempatan itu Pakde Karwo juga berpesan kepada para generasi muda agar segala gerak-gerik dan tindakan yang dilakukan berdasarkan kaidah agama, etika pergaulan dan selalu belajar untuk mencapai cita-cita. “Kaidah agama, etika pergaulan dan ilmu yang tinggi akan membentuk generasi muda yang berkarakter,” pesannya.

Disamping itu, beliau juga berpesan kepada para ibu dan bapak yang hadir agar selalu saling menyayangi. “Perempuan perlu untuk selalu disayang walaupun sudah tidak muda lagi, karena dari para perempuanlah akan timbul ide-ide yang diperlukan bapak-bapak untuk melaksanakan tugas pekerjaannya. Yakinlah kita semua bahwa dari keluarga melahirkan negara yang berkarakter dengan syarat harus hidup berlandaskan kaidah agama, etika pergaulan dan mendapatkan ilmu setinggi-tingginya,”  jelasnya sambil mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Kepala BKKBN Pusat Dr. Dr. Sugiri Syarif, MPA menyatakan bahwa sangat bangga dan terharu akan usaha Jawa Timur untuk ikut menekan laju pertumbuhan penduduk. “Saya sangat bangga dengan Kabupaten Situbondo, walaupun daerah Islami tetapi ikut berperan aktif dalam program KB. Hal tersebut dibuktikan telah mampu mencatat rekor MURI ditingkat nasional maupun dunia, yaitu KB MOP yang diikuti 340 pria,”ujarnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Jatim Dra. H. Nina Soekarwo, Msi selaku Ketua Panitia Peringatan Harganas XVIII tahun 2011 menyampaikan bahwa peringatan tersebut ditandai dengan berbagai kegiatan yaitu untuk kegiatan Pra Hari Keluarga berupa lomba Kader KB dari tingkat Provinsi sampai Nasional; MURI-Bhakti Sosial Pelayanan KB: IUD, MOP dan Implant; Cerdas Tangkas Kader Tri Bina dan UPPKS se Jatim; Semiloka Kependudukan dan KB; Pertandingan olahraga antar SKPD KB Perwakilan Bakorwil;  Festival Media Senia Tradisional KIE KKB, Sosialisasi Program KB melalui MUPEN. Sedangkan  puncak acara diselenggarakan Upacara Hari Keluarga ke XVIII Tahun 2011 dan peresmian pameran Program dan Gelar Produk UPPKS se Jatim yang diikuti  60 stand. (bhi)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim