BPR Jatim Kucurkan Dana Bergulir Rp200 Miliar

Ilustrasi

PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jawa Timur atau Bank UMKM Jatim mencatat penyaluran kredit dana bergulir (dagulir) sebanyak Rp200 miliar selama semester I/2011. Jumlah ini melebihi ekspektasi Rp 180 miliar yang dicanangkan di awal tahun.

“Saat ini banyak lembaga perbankan yang menyalurkan dana bergulir termasuk kami. Dan jenis kredit ini memang banyak diminati nasabah,” kata Dirut PT BPR Jatim, Soeroso.

Penyaluran dana bergulir BPR Jatim masih mengandalkan lingkage dengan Bank Jatim sebagai induk usaha dengan palfon maksimal Rp100 juta. Bunga yang ditetapkan cukup kompetitif, yakni 12% dengan tenor 2 hingga 3 tahun.

Ia mengakui ada selisih bunga lebih mahal bagi debitur dibandingkan saat mereka mengajukan langsung ke Bank Jatim. “Namun, pangsa pasar kami beda dengan Bank Jatim, jadi kami tetapoptimis,” katanya.

BPR Jatim mencatat pertumbuhan kredit dalam semester I/2011 sebesar 33%, termasuk eksekuting dan channeling. Kredit eksekuting adalah kredit langsung kepada end user dimana risiko ditanggung langsung oleh BPR Jatim mencakup semua jenis kredit diluar channeling.

Total kredit semester I/2011 yang sudah disalurkan tercatat Rp 510 miliar. “Padahal targetnya hanya Rp397 miliar,” tambah Soeroso.

BPR Jatim sendiri kini masih membidik segmen usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) dan koperasi dengan jumlah debitur tercatat 39.000 kelompok. Sektor paling banyak ada di perdagangan, industri kecil, jasa, dan pertanian. kabarbisnis.com

5 Komentar Pembaca

  1. saya sangat senang dengan program kredit oleh kebijakan pemerintah , namun yang saya jumpai selalu dalam pengajuan kredit pasti mengunakan jaminan meskipun dalam JUKLAK JUKNIS tanpa jaminan dan sudah dijamin oleh JAMKRINDO dan ASKREINDO namun masih sulit kami temui pinjaman tanpa jaminan

  2. apuntun itu,untuk mengukur langgeng tidak nya suatu usaha di ukur dari niat nya dalam berbuat jujur.

  3. mau pnjam dana bergulir 1 miliar dalam jangka 1 tahun lunas

  4. kelompok pembibitan ikan lele mitra usaha mina jaya gedangsewu pare kediri mengajukan pinjaman syarat 2nya apa ?? pengajuan maks berapa ?? trimk. no hp 085784712070

  5. Di kota bondowoso msh agak kesulitan mengajukan kredit usaha untuk rakyat kecil.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim