Jumat, 18 April 2014

Program Pemutihan Raup Pendapatan Rp 304,79 M

Ilustrasi

Hasil pelaksanaan Peraturan Gubernur No 112 Tahun 2010 tentang Pemberian Keringanan dan Pembebasan Sanksi Administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) telah menghasilkan penambahan pendapatan Rp 304,79 miliar.

Jika dirinci, dari keringanan BBN1 (pajak kendaraan baru, red) Rp 26,44 miliar, penerimaan PKB dari bebas BBN2 sebesar Rp 175, 45 miliar, penerimaan PKB dari bebas sanksi sebesar Rp73,44 miliar, dan penerimaan tarif progresif Rp 29,46 miliar (di luar pokok PKB, red).

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Jatim Drs Ec Anak Agung Gde Raka Wija, MSi melalui Kepala Bidang Pajak, Budi Setijono mengatakan, total jumlah objek kendaraan di Jatim sebanyak 727.233 surat kendaraan (SK), dan objek kendaraan yang terkena pajak progresif sebanyak 39.487 SK.

“Dari total objek kendaraan yang terkena pajak itu, masih didominasi roda dua, mencapai  85 persen. Sedangkan sisanya 15 persen itu kendaraan roda empat,” katanya.

Sekadar diketahui, pemberian keringanan dan pembebasan sanksi administrasi BBNKB dan PKB atau dikenal dengan pemutihan ini, masyarakat diberikan kesempatan mengurus untuk tiga bulan berjalan, yakni April hingga Juni 2011. Sedangkan, penarikan pajak progresif kendaraan sudah berlangsung sejak Mei 2011.

Ditanya ada rencana Dipenda menggelar pemutihan lagi, misalnya pada 2012, Budi mengatakan belum tentu program itu bisa dilaksanakan. “Sudah dua tahun terakhir sejak  2008 lalu, Dipenda tidak melaksanakan pemutihan. Kebijakan ini memang dikeluarkan kalau dipandang perlu dan penting bagi masyarakat” katanya.

Proses pemutihan di hari terakhir, Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap)  juga memberikan kesempatan masyarakat mengurus hingga pukul 22.00. “Bahkan, petugas Samsat sendiri masih bekerja menyelesaikan tugasnya hingga pukul 00.30 dini hari,” katanya.

Seusai pemutihan, Dipenda Jatim juga akan menambahkan pelayanan payment point di daerah, terutama lokasinya yang berjauhan dengan Samsat. “Akan ada 30 lokasi yang tersebar di kab/kota di Jatim. Seperti di antaranya Trenggalek, Lamongan, dan Situbondo,” jelasnya. Selain itu, Dipenda jatim mempunyai lokasi pelayanan  drive thru sebanyak 21 lokasi, Samsat Keliling 38 unit, Samsat Link di 81 titik, dan Samsat Corner 7 titik.

“Dipenda Jatim juga mempersiapkan program barunya yaitu e-Samsat. Proses pembayarannya cukup melalui internet seperti e- Banking. Dalam waktu dekat program ini akan di-launching,” katanya. (rac)

79 Komentar Pembaca

  1. semoga tahun 2012 ini ada pemutihan BBN KB.Apa lagi mutasi gratis. ;)

    • ass wr wb minta info bapak . .. . utk tahun 2014 apa ada pemutihan . . . . . krn sy setia menunggu. trims. tolong dibalas ya a . . .

  2. mohon info bila ada pemutihan th 2013.
    mohon dikirim ke e-mail saya.
    terimakasih

    • ea brow,,
      kalau ada pemutihan thn 2013 tlong kabari ya,, thankyu

    • Kabar gembira bagi wajib pajak dan juga masyarakat pemilik kendaraan bermotor, pasalnya Gubernur Jawa Timur Soekarwo resmi mengeluarkan kebijakan insentif dan keringanan pajak daerah atau pemutihan bagi wilayah Jawa timur (Jatim) selama tiga bulan yakni mulai 17 Juni hingga 17 September 2013.

      Ada tiga program yang disediakan dalam pemutihan tahun ini yaitu :
      1.bebas balik nama kendaraan bermotor kedua dan seterusnya,
      2.bebas sanksi administrasi berupa bunga dan atau denda pajak kendaraan bermotor dan,
      3.diskon 50% pajak kendaraan bermotor untuk kendaraan bermotor atas nama perusahaan yang dimutasikan dari luar Provinsi.
      Silahkan dimasukkan ke agenda anda.
      dan sosialisasikan kepada warga lain.
      terimakasih..

      • tkz iko maretha hadi atas infonya, bs sharing lewt telp anda jika berkenan karena sy mau mutasikan dari Magetan ke Surabaya

    • saya mau tanya klo misalnya kita beli mobil secen trus kita mau bayar pajak kenapa masih harus pakek ktp asli orang yg punya mobil tadi.apa gk bisa klo gak usah ktp asli?

  3. mohon infonya program pemutihan thn 2013 untuk area surabaya, trims…..

  4. jika berkenan bisa langsung kirim infonya dinmr 0852 3204 9393

  5. Mohon info kalau ada pemutihan thn 2013 di wilayah sidoarjo
    info bisa dikirim ke alamat email saya, terimakasih.

  6. bila ada pemutihan di sidoarjo beritahu saya ya!

  7. Mohon info segera per email mengenahi pemutihan BBNKB thn 2013 untuk wilayah Surabaya & Sidoarjo, Terima kasih banyak sebelumnya…….Wassalam

  8. Mohon info pemutihan pajak kendaraan wil sidoarjo.2013.Tmksh.

  9. Mohon info jika ada jadwal pemutihan tahun 2013 di Jawa Timur
    Terima Kasih

  10. Mohon info jika ada jadwal pemutihan tahun 2013 di Jawa Timur
    Terima Kasih

  11. Mohon di thn 2013 bila ada pemutihan BBN KB u/ wilayah jawa timur khusus nya Malang tolong info nya ya .

  12. Banyak masarakat yang mengharapkan adanya pemutihan pajak kendaraan..mohon info

  13. Mohon info, klo ad pemutihan supaya dikabari, 085648014801 atau dkirim ke email .makasih

  14. Mohon info kalau ada pemutihan untuk wilayah surabaya…
    Trima kasih

  15. Mohon infonya untuk jadwal pemutihan pajak kendaraan di surabaya tahun 2013 ,

  16. Masyarakat jawa timur sedang menunggu program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Semoga pakde karwo segera merealisasikan program ini. Maturnuwun pakde

  17. bagaimana th 2013 apa ada pemutihan di jatim, mhn info kami tunggu di email saya

  18. mohon info jadwal pemutihan tahun 2013 di surabaya

    • Nanti jika kami mendapat info akan segera di publish Pak,

      • Pak apa benar bulan Juni ini akan ada pemutihan lagi … ??? mohon Infonya Matur Nuwun

    • mohon info bila ada pemutihan th 2013.
      mohon dikirim ke e-mail saya.
      terimakasih

  19. tolong segera direalisasikan ,pemutian pajak kendaraan bermotor ,wilayah jawa timur.bermanfaat buat rakyat dan menambah pendapatan pajak daerah.trimakasih mohon perhatianya

  20. Mohon info realisasi untuk program pemutihan BBN kendaraan bermotor tahun 2013 seperti tahun-2 sebelumnya. Saya dan teman-2 menanti dan berharap.

  21. wah… di tunggu” sampai hampir pertengahan tahun… kok gak ada kabar program pemutihan ya…. capek dech…

  22. Mohon info pemutihan th 2013 di wilayah Surabaya
    bisa dikirim ke alamat email saya, terimakasih.

  23. Ditunggu program pemutihannya ya PakDe diJember, Masak kita harus nunggu Khofifah yang merealisasikan pemutihan…sekalangkong

  24. Tahun 2013 pemutian kendaraan bermotor diadakan dibulan apa..? untuk wilayah sidoarjo.

  25. Bapak ibu pemprov jatim yg terhormat,
    tolong bantu kami rakyat kecil melalui program pemutihan pajak kendaraan bermotor tahun 2013 ini.
    Saya mumpung ada sedikit uang, sedikit tok, jadi ndak cukup buat bayar denda. Mohon sebelum anak masuk sekolah sudah diadakan kembali pemutihan denda kendaraan bermotor.

  26. Mohon pemberitahuan pemutihan pajak Jawa Timur 2013, tolong info kan ke email saya, Trims.

  27. mohon info kalau ada pemutian di kota surabaya.kirim ke alamat email.trima kasih

  28. betapa hematnya uangku bila pemutihan itu ada ! ayo pak de sudah saatnya

  29. Tolong informasi pemutihan th 2013 kapan di laksanakan untuk daerah sidoarjo.
    Terima Kasih

  30. warga malang menunggu dengan harap2 cemas kapan terealisasi program pemutihan………..karna rakyat kecil sangat terbantu dengan program tersebut……………………tolong info tepatnya bulan brp pemutihan di realisasikan trims……….

  31. Aku juga nunggu nih..
    Pak de, masyarakatnya udah sadar pajak nih. Ayo beri pemicunya dong!

  32. insya Allah menurut info terakhir pemutihan 2013 akan dijalankan mulai bulan juni,thx
    wasslm

  33. Pak/bu mohon info pemutihan pajak kendaraan thn 2013 di Surabaya…trims

  34. info pemutihan pajak donk!!! soalnya mau balik nama ni. trims

  35. kapan nich pak de ada pemutihan,q doakan moga jadi lagi dech,tolong infonya ke email

  36. Berita gembira di hari senin..

    Pemutihan pajak kendaraan bermotor selama 3 bulan, dimulai tanggal 17 juni 2013 s/d 17 september 2013

    (khusus wil JAWA TIMUR)

  37. moga terus diperbaharui info seputar tatacara pembayaran pkb dan info waktu pemutihan pajak tahun 2013 terima kasih

  38. Supayadicek kebenaran kabar ttg pemutihan pajak tgl 17 junil ini dan hanya berlaku satu hari saja

  39. Kapan ya program pembebasan BBNKB untuk tahun 2013 di Jatim. Kalau tahun lalu bulan April. Tahun ini sd Juni kok belum ada informasinya. Jadi kalau ada kapan ya. Mohon infonya.

  40. mohon dibantu dong, mobil sy belum bayar pajak dr th 2009, belum balik nama dr pemilik tangan 1, pajak 1.200.000/th, berapa total biaya yg harus sy keluarkan utk bayar pajak sekaligus bea balik nama ? (kebetulan ada program pemutihan pajak kendaraan 17 juni s/d september’ 13), mohon bantuannya, tks !

    • yang pertama harus dilakukan balik nama dulu mumpung gratis loh……… disitu tar mbak sekalian bayar tunggakan pajaknya selama 4 tahun @1.2jt berarti mbak bayar 4,8 juta bebas denda kok……. semoga manfaat yah

  41. Kabar gembira bagi wajib pajak dan juga masyarakat pemilik kendaraan bermotor, pasalnya Gubernur Jawa Timur Soekarwo resmi mengeluarkan kebijakan insentif dan keringanan pajak daerah atau pemutihan bagi wilayah Jawa timur (Jatim) selama tiga bulan yakni mulai 17 Juni hingga 17 September 2013.

    Ada tiga program yang disediakan dalam pemutihan tahun ini yaitu :
    1.bebas balik nama kendaraan bermotor kedua dan seterusnya,
    2.bebas sanksi administrasi berupa bunga dan atau denda pajak kendaraan bermotor dan,
    3.diskon 50% pajak kendaraan bermotor untuk kendaraan bermotor atas nama perusahaan yang dimutasikan dari luar Provinsi.
    Silahkan dimasukkan ke agenda anda.
    dan sosialisasikan kepada warga lain.
    terimakasih..

    MULYA tour&travel.
    pesan tiket pesawat online mudah dan murah.
    pin BB 27DD3236 – 08385899189.

  42. Berita dikoran katanya cuma ada pemutihan DENDA PKB utk th 2013 ini, pemutihan BBN KB kok belum ada beritanya ya , apa benar ?

  43. ap benar pemutihan muali 17 juni??/

  44. mohon info serta penjelasannya pemutihan pajak kendaraan untuk bbn-nya apa gratis? sy punya kendaraan, rencana sy mutasi dari kota madiun ke kab. madiun mohon balasannya trima kasih

  45. Mhn penjelasan sy punya kendaraan roda dua plat situbondo pingin mutasi ke bondowoso gmn biayanya dan kepengurusannya
    mhon infonya

  46. bos mutasi dan blk nama mtr mp thn 2010 dr banjarmasin ke lamongan kr2 hbs brp ya tinggal masuk aj,, infokan bos lah

  47. tanya nih klo bbn nya kan gratis apa untuk pindah wilayah samsatnya juga gratis….trims

  48. Terkait adanya pemutihan BBN KB roda empat Mohon informasi berapa yang harus saya bayar bila saya ingin mutasi dari Surabaya ke Mojokerto dari nama orang lain ke nama saya dengan catatan beban STNKnya Rp.1.250.000,- terima kasih atas jawabannya

  49. mau tanya nih….kalo mau mutasi dari sby ke mojokerto dgn beban stnk 147000,dari nama orang lain ke nama saya,biayanya sampe berapa? gimana cara & apa saja persyratannya.saya ucapkan banyak terima kasih atas jawabannya.

  50. berapa beban biaya pajak sepeda motor mio th. 2011 yang telat 7 bulan beserta biaya balik nama pada masa pemutihan di samsat jawa timur ? terima kasih atas jawabannya.

  51. Katanya gratis. Tapi kemyataanya tidak tu, langkah pertama td byr 30rb suruh ke sebelahnya 115 rb pendaftaran ni diminta lagi 200rb klau pajak tu dah standar amil plat no ni bayar lagi 5rb apa benar seperti ini saya baru aja hari ini sepeda motor tu.

  52. saya mau tanya soal mengurus surat pindah (domisili), dari lamongan ke mojokerto biaya nya habis berapa? dan caranya bagaimana, apa gk ribet/susah? trim’s

  53. mohon di infokan untuk pemutihan tahun 2014 untuk stnk sama balik nama mobil plat malang mutasi jombang dimualai tgl dan bulan berapa ,saya setia menunggu kabar gembiranya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  54. Saya mohon infony kpn ad pemutihan saya mau mutasi sepeda motor saya platnya L…k malang…krn KTP saya malang…sekalian balik nama jg ngurus pajakny…trus kalau pas waktuny pemutihan bpkp dan pajak saya sdhmati biaya gmn? Karena bln 06 2014 besok sdh mati…trims…

  55. Asslmkm..wr..wb
    mohon info bila ada pemutihan th 2014
    mohon dikirim ke e-mail saya.
    terimakasih

  56. Selamat malam, saya mau bertanya tentang informasi pemutihan biaya balik nama dan denda untuk tahun 2014.. Tolong di informasikan bulan berapa ? Terima kasih..

  57. selamat siang pak,saya mau tanya untuk informasi pemutihan tahun 2014 ini kira-kira ada nya kapan ya????
    mohon di konfirmasi…????

    terima kasih

  58. Mohon infonya pemutihan daerah jatim tahun 2014.. Terima kasih

  59. ass..,., bapak
    saya mau tanya untuk informasi tentang pemutihan daerah jawa timur tahun 2014 , kapan ya? pak .,.,.,.,

    terima kasih

  60. saya juga ingin tahu kabar beritanya bila ada pemutihan balik nama thn 2014 Pak…?

  61. Ass saya mau tanya kapan ada pemutihan di daerah sidoharjo? Untuh tahun 2014 kl ada tlg di balas pertanyaan saya timakasih atas bantuan nya wasalam

  62. Kapan ada pemutihan di daerah Malang, karena mobil saya belum dibalik nama…

  63. Kalau memang ada jadwal pemutihan di provinsi jawa timur
    Khususnya kab. (Jember), tolong informasikan ya temen2
    Ato langsung kirim ke email aku.
    Trims

  64. Selamat pagi PAKDE KARWO Saya tolong tanyak kira kira ada program pemutihan untuk kendaraan bermotor kapan ya ? Soalnya saya beli kendaraan bermotor mati pajaknya.Terima kasih Pakde Karwo saya Tunggu programnya.

  65. Selamat siang PAKDE KARWO Saya tolong tanyak kira kira ada program pemutihan untuk kendaraan bermotor kapan ya ? Soalnya saya beli kendaraan bermotor mati pajaknya.Terima kasih Pakde Karwo saya Tunggu programnya.

  66. p,de karwo kpan info pemutihan thn2014 ….?

  67. mohon infonya pemutihan bbnkb jawatimur 2014.

  68. P.De, kapan ada pemutihan th 2014 ..?? kami tunggu dan terimakasih

  69. Tlng info pemutihan kendaraan bermotor roda 2

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2014. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim