Kamis, 24 April 2014

Gubernur Dijadwalkan Hadiri Puncak Peringatan Hari Lingkungan

Ilustrasi

Dalam rangkaian puncak peringatan Hari Lingkungan se- Dunia di Jatim, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim akan mengadakan uji emisi bagi kendaraan yang menuju maupun keluar Malang.

Rencananya  pelaksanaan uji emisi digelar pada 14-18 Juli mendatang. Kepala Bidang Komunikasi Lingkungan dan Peran Serta Masyarakat BLH Jatim Putu Artha Giri menjelaskan, uji emisi akan dilakukan di depan pintu masuk Kebun Raya Purwodadi Pasuruan.

“Jadi nantinya, setiap kendaraan yang melintas baik yang menuju maupun keluar Malang akan diberhentikan dan dilakukan pengujian emisi,” katanya, Senin (4/7).

Selama kegiatan, petugas tidak memungut biaya. Meski gratis, petugas tetap akan memberikan hasilnya dan meminta pada pemilik kendaraan agar lebih memperhatikan keramahan pada lingkungan khususnya bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi.

Dengan mengikuti uji emisi ini, maka pemilik dapat melihat hasil pengujian yang menunjukkan kelayakan mobil. Sebab kondisi mobil yang buruk dapat menciptakan polusi udara yang membahayakan lingkungan. Melalui kegiatan ini diharapkan mengurangi atau mencegah pencemaran udara yang disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan, serta menciptakan udara bersih sebagai perwujudan dari program langit biru.

“Selain itu, kegiatan ini merupakan proses penyadaran pada masyarakat agar lebih memperhatikan kendaraannya lebih ramah lingkungan,” katanya.

Sebelumnya, peringatan Hari Lingkungan Hidup akan dilaksanakan 14-18 Juli. Sejumlah kegiatan akan dilakukan, meliputi kemah hijau yang diikuti 400 pelajar, pameran lingkungan, lomba kerajinan daur ulang, lomba lagu Mars Adiwiyata, seminar, workshop, serasehan dan dialog, serta uji emisi kendaraan di Jalan Raya KBR Purwodadi. Puncak kegiatan pada 18 Juli akan dihadiri Gubernur Jatim. Dalam kesempatan itu, gubernur juga akan menyerahkan sejumlah hadiah dan penghargaan Adiwiyata, Kalpataru, serta penghargaan pada sejumlah pejuang lingkungan mandiri. Gubernur juga akan melepas satwa burung, menanam tanaman langka, serta pembuatan lubang biopori. (bhi)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2014. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim