Cuaca Membaik, Petani Garam Mulai Panen

ilustrasi: garamku.com

Para petani garam rakyat kini mulai bisa tersenyum karena cuaca yang mulai membaik. Di Sumenep, Pulau Madura, misalnya, petani garam rakyat di delapan kecamatan sudah mulai panen.

Koordinator Paguyuban Petani Garam Rakyat Sumenep (Peras), Hasan Basri, mengatakan, saat ini sebagian kecil petani garam rakyat mulai panen, meskipun hasilnya belum maksimal.

Hasil koordinasi dengan jajarannya di kecamatan, kata dia, panen perdana yang mulai bisa dinikmati sebagian kecil petani itu tersebar secara merata di delapan Kecamatan yang selama ini merupakan wilayah produksi garam rakyat.

“Dari delapan kecamatan itu, petani garam rakyat yang paling banyak panen perdana pada pekan ini tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Giligenting, Gapura, dan Kalianget. Harga garam saat ini mencapai Rp50.000,00 hingga Rp60.000 untuk satu sak ukuran kurang lebih 50 kilogram, lumayan tinggi dibandingkan harga sebelumnya,” ujarnya.

Hasan Basri menyatakan, untuk sementara, pihak yang membeli garam rakyat hasil panen perdana, yakni pedagang lokal bukan perwakilan pabrikan yang berada di Sumenep, sedangkan perwakilan pabrikan yang berada di Sumenep biasanya membeli garam rakyat ketika panen raya yang pada tahun ini diperkirakan pada akhir Juli 2011 mendatang.

“Kami berharap kondisi cuaca tetap cerah seperti saat ini, agar mendukung produksi garam yang dilakukan petani, sebab pengaruh gangguan cuaca bisa menggagalkan produksi garam,” ungkapnya.

Data di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumenep menyebutkan, lahan garam rakyat seluas 1.988 hektare tersebar di lima kecamatan di wilayah daratan (Kalianget, Saronggi, Pragaan, Gapura, dan Dungkek) dan tiga kecamatan di kepulauan (Talango, Giligenting, dan Raas). kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2021. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim