Atasi Problem Perumahan Perlu Peran Pemda

ilustrasi: skyscrapercity.com

Untuk mengatasi problem perumahan, seperti kekurangan pasokan atau backlog, membutuhkan peran aktif pemerintah daerah.

“Misalnya untuk menuntaskan problem-problem di daerah, seperti perizinan dan lahan,” ujar Ketua Umum REI Jawa Timur yang baru saja terpilih, Erlangga Satriagung, di sela-sela pengukuhan di Hotel Shangri-La, Surabaya, Kamis malam (23/6/2011).

Erlangga menuturkan, untuk menyelesaikan problem backlog perumahan yang mencapai sekitar 500.000 unit, Tim Percepatan Pembangunan Perumahan yang dipimpin Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf harus mempunyai sinergi dengan daerah.

“Tim Percepatan harus ada di daerah. Misalnya, menjadikan Sekretaris Daerah sebagai wakil yang bertanggung jawab di daerah. Itu menunjukkan perhatian pemrintah,” jelas Erlangga.

Dengan sinergi hingga ke daerah kabupaten/kota, problem perumahan bisa lebih cepat terselesaikan. “Jangan sampai kebijakan perumahan menjadi kebijakan sektoral. Terutama untuk backlog yang RSh ini kan sejatinya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Jangan sampai pengembang berjalan sendiri, pemerintah provinsi jalan sendiri, pemerintah kabupaten/kota jalan sendiri,” pungkas Erlangga. kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim