Lowongan 1.000 CPNS Jatim Perlu Klarifikasi

ilustrasi: mediaindonesia.com

Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur mempertanyakan pengajuan kuota 1.000 calon pegawai negeri sipil oleh Badan Kepegawaian Daerah setempat.

“Pengajuan CPNS sebanyak itu patut dipertanyakan. Kalau sampai itu disetujui pemerintah pusat, beban belanja daerah makin besar,” kata anggota Komisi A DPRD Jatim dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Jabir, di Surabaya, Minggu (19/6).

Menurut dia, selama ini konstruksi APBD Jatim masih belum menunjukkan kondisi yang ideal, karena anggaran belanja masih lebih besar atau lebih banyak untuk gaji pegawai.

“Tentunya dengan rekrutmen kuota 1.000 orang CPNS, pasti akan membuat belanja pegawai membengkak dan dan menjadikan konstruksi APBD semakin tidak ideal lagi,” katanya.

Ia menganggap pengangkatan 1.000 pegawai baru untuk menggantikan PNS yang pensiun belum menunjukkan tingkat urgensinya dalam perekrutan pegawai secara besar- besaran.

“Malah saya curiga, jangan-jangan selama ini pegawai Pemprov Jatim sudah banyak secara kuantitas, tetapi kualitasnya rendah sehingga meskipun jumlah pegawai banyak, terasa masih kurang terus karena banyak pekerjaan yang tidak terselesaiakan dengan baik,” katanya.

Jabir mengusulkan kebutuhan rekrutmen pegawai baru didasarkan pada analisis beban kerja dan jabatan dari setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD), bukan didasarkan pada jumlah pegawai yang pensiun.

“Itu sangat penting karena selama ini kami tidak pernah mendapatkan jawaban dari BKD, baik lisan maupun tertulis, terkait pertanyaan Komisi A atas analisis beban kerja dan analisis jabatan sesuai dengan standar yang berlaku,” kata Wakil Ketua Badan Legislasi DPRD Jatim itu.

Komisi A, lanjut dia, akan memanggil pejabat BKD Jatim untuk memberikan klarifikasi tentang kuota rekrutmen CPNS yang diajukan tahun ini. “Hal ini penting untuk menghindari praktik KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme),” kata Jabir.

Sebelumnya, Pemprov Jatim mengajukan kuota 1.000 CPNS kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk rekrutmen CPNS tahun 2011. Ant

10 Komentar Pembaca

  1. Selamat siang.
    Nama sy Ike, sy mau bertanya tentang tata cara pendaftaran online CPNS pemprov Jatim, situsnya apa untuk pendaftaran online?
    Trimakasih atas bantuannya.

  2. Selamat malam.
    Saya adi.
    bagaimana cara mendaftar CPNS 2013?
    terimakasih.

  3. katanya tgl 1 september ini sudah mulai dibuka pendaftaran cpns, apa situs resminya utk pendaftaran onlinenya? mohon bantuannya…terima kasih.

  4. mohon info cara pendaftaran cpns di jawa timur ..untuk pendaftaran secara online..trmksih

  5. Mohon info apakah ada lowongan pekerjaan di bappeda jatim dan apa saja syarat2nya? Terima kasih..

  6. pendaftaran online nya bagaimna

  7. Mohon info pendaftaran cpns 2014 secara online. Terima kasih.

  8. Kapan pendaftaran online cpns dibuka?

  9. saya oka ingin bertanya, tahun 2014 ini awal saya mengikuti CPNS. saya ingin tau bagaimana caranya mendaftar online dan apa saja syarat-syaratnya.. serta info@ CPNS lainnya. mohon bantuannya. terimakasih

  10. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.SULARDI,MM beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor Bpk DR.SULARDI,MM No Hp 085-756-190-217.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim