Perekonomian Berpotensi Tumbuh 7,01%

ilustrasi: romokoko.com

Kantor Bank Indonesia Surabaya memproyesikan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada triwulan II/2011 berada di batas atas dari rentang pertumbuhan 6,8%-7,10% dengan tingkat konsumsi rumah tangga menjadi pendorong utama.

Pemimpin kantor Bank Indonesia, M. Ishak mengatakan selain tingginya tingkat konsumsi rumah tangga yang menjadi pendorong laju pertumbuhan, kegiatan investasi swasta dan perdagangan luar negeri juga menjadi acuan tumbuhnya perekonomian pada triwulan ini.

“Pada konsumsi masyarakat didorong oleh momentum libur sekolah dan cuti bersama,” katanya dalam Kajian Ekonomi Regional 2011, hari ini.

Pada momentum meningginya tingkat konsumsi rumah tangga triwulan II/2011, kata Ishak, diprediksi akan berdampak lebih besar dari momentum triwulan I/2011. Sehingga konsumsi pada triwulan ini diperkirakan mengalami peningkatan dibandingkan triwulan sebelumnya.

“Perkiraan ini dikonfirmasi oleh hasil Survei Konsumen KBI Surabaya, yang menunjukkan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Ekspektasi Penghasilan mengalami peningkatan.”

Pada data kajian ekonomi regional BI merinci kinerja ekspor diperkirakan masih dalam tren perbaikan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, seiring meningkatnya permintaan internasional dan terdiversifikasinya negara tujuan ekspor Jatim.

Permintaan internasional pada triwulan II/2011 didominasi oleh kebutuhan konsumsi masyarakat internasional pada barang kebutuhan sehari-hari, seperti furniture, alas kaki dan makanan dan minuman olahan. bisnisindonesia

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim