Prof Dr. Daniel M Rosyid : Masyarakat Ini Benar-benar Sakit !

ilustrasi: suarasurabaya.net

Keinginan warga untuk mengusir keluarga Ny. Siami dari kampung Gadel dinilai Prof. Dr Daniel M. Rosyid sudah tidak masuk akal. Cara pikir warga seperti ini, kata Daniel, menunjukkan ketidakpahaman tentang hak warga negara.

Mereka yang punya inisiatif untuk mengoreksi kesalahan dalam masyarakat malah terkena hukuman sosial. “Ini masyarakat yang sedang sakit. Mereka tidak punya alasan mengusir Ny Siami sekeluarga. Desakan ini tidak bisa ditoleransi dan jangan sampai terjadi. Jangan sampai orang jujur malah jadi ajur,” kata mantan Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur ini, Kamis (9/6/2011).

Diakui Daniel, dirinya sebagai pendidik merasa sedih melihat kenyataan dalam masyarakat ini. Dia melihat hubungan sekolah dan muridnya kini terlalu teknis. Tidak ada diskusi-diskusi mencerahkan tentang nilai-nilai luhur semisal kejujuran, yang ada hanya hubungan teknis belajar mengajar.

“Harusnya sekolah mengundang wali murid bukan hanya bicara soal rapotan saja. Sekolah juga harus bisa mendidik masyarakat sekitarnya, termasuk soal mengeliminasi budaya nyontek yang kini sudah dianggap fenomena biasa,” kata dia.

Dianggap biasanya budaya nyontek, ujar Daniel, sangat berbahaya. Ini adalah benih sebelum tumbuh suburnya perilaku koruptif. Maka dari itu, masyarakat yang sakit ini harus disembuhkan. Caranya, dengan menegakkan hukum dan moral di masyarakat ini.

Meskipun mengaku sedih, namun Daniel juga gembira karena dalam mediasi tadi, Ny. Siami, SUKATMAN Kasek SDN Gadel 2, Fatchur Rahmad guru kelas 6a dan Prayitno guru kelas 6b saling bersilaturahmi dan bermaafan dalam suasana haru. Bahkan Fatchur Rahman dan Ny Siami tadi terlihat menitikkan air mata saat berjabat tangan.(

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim