Minta Dilibatkan dalam Pemberdayaan UMKM

ilustrasi: antarafoto

Pemerintah Provinsi Jawa Timur meminta kepada Kementerian BUMN agar dilibatkan dalam pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM), dengan memanfaatkan dana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) dari BUMN senilai Rp800 miliar tahun ini.

Sekretaris Daerah Prov. Jatim Rasiyo mengatakan pembinaan sektor UMKM perlu dilakukan secara terpadu [antara Pemprov Jatim dan BUMN], untuk mengurangi angka kemiskinan di provinsi tersebut yang berjumlah 7 juta jiwa.

Menurut dia, apabila BUMN melaksanakan sendiri kegiatan PKBL, maka arah pembinaannya hanya ditujukan untuk kepentingan operasional BUMN masing-masing. Padahal masih banyak penduduk miskin di Jatim yang belum tersentuh pemberdayaan.

“Pelaksanaan PKBL perlu dilakukan secara bersama, dan kami siap mengarahkan pembinaan masyarakat melalui pemanfaatan dana PKBL BUMN yang dialokasikan ke Jatim,” ujarnya dalam pembukaan PKBL BUMN Expo 2011, hari ini (Rabu, 8/6).

Kegiatan tersebut berlangsung pada 8 – 12 Juni, berupa pameran produk usaha mikro kecil (UMK) mitra binaan sejumlah BUMN yang diikuti 150 peserta. PKBL BUMN Expo tahun ini merupakan yang ketiga kalinya.

Deputi Menneg BUMN Bidang Perencanaan dan Strategis Pandu Djajanto dalam kesempatan sama menyebutkan alokasi dana PKBL BUMN untuk Jatim tahun ini senilai Rp800 miliar, yang merupakan bagian dari penghimpunan dana tersebut secara nasional Rp3,1 triliun.

Dana tersebut disisihkan dari keuntungan dari 114 BUMN sebesar 2% – 4%. “Pameran mitra binaan BUMN ini merupakan kegiatan secara berkelanjutan, agar usaha mikro kecil bisa berkembang menjadi skala menengah guna serap banyak tenaga kerja,” paparnya.
Koordinator PKBL BUMN Jatim Wasis Pramono mengatakan dana PKBL telah dimanfaatkan untuk hal-hal produktif berupa pemberdayaan masyarakat dan pembinaan UMKM, sesuai kebutuhan BUMN masing-masing

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim