Bank Jatim Pacu Kredit ke Pemda

ilustrasi: kabarbisnis.com

Bank Jatim kini tak hanya fokus menggeber kredit ke sektor swasta, tapi juga akan mulai memacu kredit untuk pemerintah daerah, khususnya pemkab/pemkot se-Jawa Timur. Mekanisme desentralisasi fiskal membolehkan pemda mengakses kredit ke perbankan dengan rambu-rambu tertentu.

Pemimpin Divisi Kredit Korporasi Bank Jatim, Wonggo Prayitno, mengatakan, kredit untuk pemda lebih banyak terserap untuk pembangunan infrastruktur. Untuk kedit tersebut, pemda memerlukan persetujuan dari DPRD setempat.

“Kita lihat pembangunan infrastruktur di banyak daerah itu masih harus terus dikembangkan, itu menjadi fokus penyaluran kredit untuk pemda,” ujar Wonggo di Surabaya, Senin (23/5/2011).

Saat ini sudah ada sekitar 7 pemkab/pemkot yang mendapat kucuran kredit dari Bank Jatim dengan bunga di bawah bunga komersial korporasi lainnya, yaitu sekitar 9%.

Meski mulai gencar membidik kredit ke pemda, kata dia, Bank Jatim tetap berlaku profesional dalam memenuhi permohonan kredit dari pemda. Aspek-aspek bisnis benar-benar diukur sesuai dengan anggaran di masing-masing daerah alias APBD.

“Kita perhatikan juga repayment capacity-nya, anggarannya disesuaikan. Tapi pastinya ini aman karena anggaran kan tersedia, hanya saja mungkin pencairannya butuh waktu,” ujar Wonggo. kbc

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim