Berambisi jadi DTW Utama RI

Telukk Brumbun, Tulungagung/tumbronx.blogspot.com

Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus memacu peningkatan kinerja industri pariwisatanya. Di antaranya lewat perhelatan Majapahit Travel Fair 2011 (MTF), sebuah event promosi berbagai obyek wisata di provinsi tersebut. MTF dihelat mulai 19 Mei sampai 22 Mei 2011.

NTF ditargetkan membukukan transaksi Rp 23 miliar dalam perhelatan MTF. Agenda tahunan ini diharapkan bisa menjadi pendogkrak wisatawan yang berkunjung ke Jatim.

“Saat ini, ada sekitar 58.000 wisatawan yang masuk ke Jatim melalui jalur darat atau overland. Sedangkan melalui jalur udara sekitar 240.000 orang pada 2010, naik dari tahun sebelumnya yang tercatat 226.000 orang. Ini membuktikan potensi wisata Jatim terus dilirik wisatawan,” kata Gubernur Jatim, Soekarwo, di sela-sela pembukaan MTF di Grand City Surabaya, Kamis (19/5/2011).

Soekarwo menargetkan, Jawa Timur tidak lagi menjadi daerah transit bagi wisatawan yang ingin pergi ke destinasi wisata utama seperti Bali. Ia berambisi membawa Jatim menjadi daerah tujuan wisata bahkan mengalahkan Bali yang sudah terkenal seantero dunia. “Kita ingin Jatim menjadi salah satu destinasi utama dan terpenting di Indonesia,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Jatim Jariyanto menambahkan, MTF 2011 ini diharapkan bsia meningkatkan angka kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Jatim karena program ini bersinergi langsung dengan Tahun Kunjungan Jatim 2011.

Agenda pada hari pertama pelaksanaan MTF hari ini adalah Travel Exhchange (Travex). Dalam acara ini, 35 perusahaan Biro Perjalanan Wisata (BPW), manajemen hotel dan pengelola objek wisata di Jatim melakukan pertemuan bisnis dengan pembeli domestik dan asing. Selain Travex, di area pameran Grnd City juga digelar pameran produk khas dari masing-masing daerah baik dari Jatim maupun luar jatim. Peserta daeri luar jatim seperti Jayapura, Makassar, Kutai Kartanegara juga turut mempromosikan potensi wilayah masing-masing. kbc

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim