Flyover Puspa Agro Telan Rp112 miliar

ilustrasi: www.flickr.com

Upaya mendorong sektor agribisnis di Jawa Timur terus dilakukan, termasuk dengan meningkatkan kualitas infrastruktur di Pusat Perdagangan Agrobis (Puspa Agro) Jatim. Fasilitas fly over (jembatan layang) yang menghubungkan akses jalan ke Puspa Agro yang berada di Jemundo, Sepanjang, Sidoarjo bakal segera terealisasi. Diperkirakan proyek yang dibangun melewati jalan arteri atau nasional ruas Taman-Krian, arah Surabaya-Mojokerto ini menelan dana sebesar Rp112 miliar.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gentur Prihantono Sandjoyo Putro, mengatakan, dana pembangunan fly over Puspa Agro itu diusulkan pada dana pemerintah pusat melalui APBN 2011 dan dilanjutkan di tahun 2012 dengan total sekitar Rp 112 miliar.

Selain untuk membangun fisik jembatan, tahun ini juga ditargetkan pula penyelesaian DED (Detail Engineering Design) yang diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp 750 juta. Dana untuk pembuatan DED itu juga diajukan dari APBN 2011 ini. “Dana pembangunan fisik dan DED telah kami sampaikan pada pusat dan mulai tahun ini bisa segera mulai direalisasikan,” ujar Gentur.

Menurut Gentur, pembangunan fly over yang akan dibangun sepanjang 1,8 kilometer dan lebar jalan 7 meter ini dianggap cukup mendesak. Ini lantaran akses menuju Puspa Agro kini masih belum memadai. Di akses jalan itu, volume kendaraan keluar masuk bisa mencapai 1.500 kendaraan per harinya, sehingga persoalan kemacetan lalu lintas jadi lebih berat, terutama pada titik pertigaan jalan arteri Taman-Krian menuju Puspa Agro.

Oleh karena itu, lanjut dia, pembangunan flyover ini dipandang perlu atau termasuk kebutuhan mendesak. Selain itu, dengan adanya flyover ini, maka akan cukup menunjang Puspa Agro yang diproyeksikan sebagai terminal agro terbesar dan terlengkap di Indonesia yang punya jaringan perdagangan dan distribusi hingga ke luar pulau. Keberadaan flyover ini juga diperlukan untuk mempermudah mengakses ke pasar induk terbesar di Indonesia tersebut. kbc

3 Komentar Pembaca

  1. kami sangat setuju dan mendukung pembangunan jalan akses menuju puspa agro, soalnya saat ini jika mau ke sana, selalu kesulitan, karena jalur menuju ke sana (terutama pertigaan kletek) sangat padat sekali. terima kasih

  2. kalau mau berpartisipasi masih bisa?
    berapa harga sewa lapak buah di puspa agro?
    terima kasih

    • Terima kasih atas partisipasi Anda dengan mengunjungi website kami, untuk informasi lebih lanjut mengenai Puspa Agro silahkan mengunjungi website http://www.puspaagrojatim.com, semoga membantu.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim