Otonomi Daerah Perlu Evaluasi

Ilustrasi

 Hari ini peringatan 11 Tahun Otonomi Daerah (Otoda). Otoda masih perlu dievaluasi karena masih ada kekurangan. Ini dikatakan SAIFULLAH YUSUF Wakil Gubernur Jawa Timur pada Suara Surabaya, Senin (25/04).

Untuk Otoda di Jatim kata GUS IPUL sapaan SAIFULLAH YUSUF, ada plus minusnya. Kelebihannya Otoda membuat partisipasi masyarakat jadi lebih luas. Masyarakat jadi lebih termotivasi, ikut membangun kabupaten/kotanya. Selain itu dari sisi pelayanan, dengan adanya Otoda pelayanan bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Sementara beberapa kekurangan yang dilihat GUS IPUL masih ada tumpang tindih antara pusat dan daerah. Misalnya untuk pelayanan hak dasar seperti dana BOS, ada yang harusnya cukup dilaksanakan di daerah, tapi diserahkan ke pusat. Begitu juga soal Pemilukada yang dinilai masih terlalu mahal. Untuk itu pemerintah sedang menggodok Pemilukada supaya lebih evisien.

Ke depan kata GUS IPUL, Otoda akan terus disempurnakan. Supaya tujuan utama Otoda memberi pelayanan lebih cepat pada masyarakat di daerah bisa terwujud lebih baik.

Hari ini upacara peringatan 11 Tahun Otonomi Daerah berlangsung di halaman kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan Surabaya. Diikuti berbagai elemen masyarakat, PNS, Pemuda, dan TNI-Polri. Acara yang berlangsung serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia ini akan mendengar pesan dari Menteri Dalam Negeri. Diantara pesannya semua daerah harus lebih responsif dan langsung melakukan konsolidasi ke dalam setiap selesai Pemilihan kepala Daerah. SS

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim