Pemenang Umbulan Ditentukan Akhir Tahun

ilustrasi: tunashijau.org

Pemenang tender proyek air minum Umbulan di Pasuruan, Jawa Timur senilai Rp 1,7 triliun diharapkan dapat ditentukan akhir tahun ini, sehingga konstruksi dilakukan awal 2012 dan pengoperasian 2014.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Budi Yuwono mengatakan saat ini telah ada 29 investor yang tengah mengikuti proses evaluasi dan prakualifikasi oleh tim dari instansinya.

“Targetnya akhir Mei ini sudah ada beberapa investor yang lolos tahap prakualifikasi,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Menurut dia, Kementerian PU tidak menentukan berapa investor yang akan lolos, bisa dua atau lima peserta tergantung hasil seleksi.

Setelah itu, pihaknya akan memberi waktu selama 3 bulan kepada para investor yang lolos untuk memasukkan penawaran dan negosiasi. Kemudian pemerintah akan melakukan evaluasi selama 2 bulan terkait kesanggupan para investor untuk menentukan pemenangnya.

“Kita lihat tawaran investor. Kalau ada yang sanggup menawarkan besar dan tidak perlu dukungan pemerintah, itu lebih bagus dan itu yang kita harapkan. Dari situ nanti akan ditentukan satu atau dua kandidat pemenangnya. Kami targetkan akhir tahun sudah selesai,” katanya.

Proyek Umbulan seluas 4,9 hektare ini diperkirakan mampu memproduksi air bersih 4.500-5.000 liter/detik untuk memenuhi kebutuhan lima kabupaten/kota yaitu Kabupaten Pasuruan (420 liter/detik), Kota Pasuruan (175 liter/detik), Sidoarjo (1.370 liter/detik), Surabaya (1.000 liter/detik), dan Gresik (1.000 liter/detik). BI

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim