Ekspor Kambing Ettawa Dikeluhkan

ilustrasi: kabarbisnis.com

Para peternak kambing peranakan ettawa (PE) Jawa Timur mengeluhkan banyaknya kambing PE di provinsi ini yang diekspor ke luar negeri, terutama Malaysia. Ironisnya, karena mendapat pasokan kambing dari Jatim, industri PE di Malaysia berkembang sangat pesat.

Ketua Asosiasi Peternak Kambing PE Nasional (ASPENAS) Lumajang, Machmud, mengatakan, berbagai produk olahan PE bisa dikembangkan di Malaysia, mulai dari sabun mandi, shampo, lulur, hingga yougurt. Semua produk olahan itu banyak diminati pasaran dan masuk hingga ke pasar Jatim.

“Kami minta agar pemerintah membuat peraturan agar tak ada pedagang yang menjual kambing PE ke luar negeri. Setidaknya 300 ekor kambing PE unggulan dari Lumajang tiap bulan dijual ke luar negeri atau ke luar daerah Jatim,” ujarnya saat dihubungi kabarbisnis.com, Senin (11/4/2011). Lumajang adalah salah satu sentra utama peternakan kambing PE di Jatim.

Mereka yang mengekspor kambing PE tersebut adalah pedagang, bukan peternak sendiri. Para pedagang itu merayu peternak agar mau menjual kambing PE-nya.

Dia mengatakan, pengiriman kambing ke luar negeri tersebut sudah berlangsung sejak berapa tahun yang lalu hinga sekarang. Negara tujuan yang paling banyak menerima kambing PE unggulan tersebut adalah Malaysia dan Singapura. Selebihnya dikirim ke daerah lain di Pulau Sumatera dan lain-lain.

Machmud mengungkapkan, saat ini populasi kambing PE di Lumajang tidak kurang dari 92.000 ekor. Namun, belum diketahui secara pasti, dari sejumlah itu, berapa yang termasuk kategori kambing PE unggulan. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan identifikasi atau pendataan ke sentra-sentra peternak untuk mengetahui jumlah dan kualitas kambing PE tersebut. kbc

Komentar Pembaca

  1. dalam beribadah khususnya berkurban tentunya pemilihan hewan kurban haruslah teliti sehingga akan mendapatkan kesempurnaan dalam beribadah, seperti dalam sejarah yang pernah kita pelajari semasa sekolah dan di pesantren, bahwasannya hewan kurban terbaiklah yang di terima oleh Allah SWT, dan semoga ibadah kurban kita di terima oleh Allah SWT dan menjadi keberkahan dan tanda iman kita, amin.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim