Jamur Tiram Blitar Ekspor ke Taiwan

Prospek ekspor : indonetwork.co.id

Budidaya jamur tiram putih di Kota Blitar, Jawa Timur, mulai membuahkan hasil. Mulai bulan ini, kelompok tani jamur di Blitar akan mengekspor jamur tiram putih jenis osteron dan florida olahan ke negara Taiwan dengan kuantitas sekitar seperempat kontainer tiap dua pekan sekali.

Nuswandito, ketua kelompok tani jamur, Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar mengatakan, usaha yang dirintis sekitar Juni 2010 dengan delapan orang tenaga kerja ini bulan April akan mulai ekspor ke luar negeri. Sebelumnya, jamur tiram putih segar masih dipasarkan di sekitar Blitar. Sedangkan untuk jamur olahan sudah pernah dipasarkan hingga ke Pulau Bali.

“Adapun harga dan ukuran jamur segar bervariasi mulai dari 40 gram dengan harga Rp3.500, 80 gram Rp7.000, dan 100 gram Rp9.000,” ujarnya di Blitar.

Lebih lanjut Nuswandito menambahkan, sebelum ekspor dengan siklus tanam sekitar 3 bulan, pihaknya mampu memanen sekitar 45 kg jamur per 1000 media atau dengan keuntungan sekitar Rp4 juta. Sedangkan pascaekspor diperkirakan keuntungan mencapai Rp10 hingga Rp15 juta. Jamur yang diekspor sudah berupa jamur krispi (olahan). Selain Taiwan, pihaknya akan mengembangkan produk berupa sosis jamur dan krispi jamur ke Singapura.

Namun, hingga saat ini, dia mengaku perhatian pemerintah di budidaya jamur belum dirasakan secara maksimal. Para petani menginginkan intervensi pemerintah dalam bentuk permodalan dan pembukaan akses pasar. kbc

12 Komentar Pembaca

  1. kena apa jamur di blitar tidak dibudidayakan dengan metode inti plasma, supaya petani jamur merasa dilindungi oleh pemerintah daerah, apalagi sudah jelas jamur blitar bisa export.dibawah oleh bpk nuswandito. jadi harus eda campur tangan Pemda Blitar sebagai intinya sehingga masyarakat sejahtera lewat jamur.

    • sekedar info untk pemda blitar. di kab. blitar banyak petani jamur yang mengalami kesulitan dalam pemasaran, perlu penataan dan pembinaan .

  2. sepertinya, kalo mengharap kan perhatian, pmrintah, seperti pungguk rindu kan bulan

  3. mohon diinfo :
    1. apakah menyediakan baglog oestern?
    2. ukuran baglog dan harga/baglog?
    3. apakah harga sudah termasuk ongkir saya di sidoarjo?
    4. kami sering terkendala waktu antara pemesanan dan pengiriman, apakah di tempat anda ada jamian ketersediaan baglog siap kirim (miselium+/- 90%)
    5. mohon bantuan dan arahan!
    terima kasih

  4. Om mau tanya harga bibit jamur tiram berapa ya. Kalo ada info invite pin 5AE86584 saya mau beli area di blitar ya.

  5. terimasih atas info tentang Budidaya Jamur Tiram

  6. Pak apakah bisa ngantar baklok jamur ke tabanan bali, klau bisa minimal pemesanan berapa baklok dan berapa harga per baklok sampai di bali, thanks

  7. saya petani jamur baik baglog dan hasil panen di malang , bagi rekan mau pesan baglog atau hasil panen bisa kontak melalui web kami https://kudujamur.wordpress.com/hubungi-kami/ , nanti kami respon. untuk harga bisa cek di https://kudujamur.wordpress.com/harga/

  8. bagaima syarat dan ketentuan cara ekspor jamur tiram segar

  9. Assalamualaikum
    Pak apakah ada mitra atau tim pengepul jamur bapak yang ada di sekitar Kesamben atau Wlingi. jika ada bisa kah saya ikut setor hasil panen jamur ke tim bapak
    Terimakasih

  10. Assalamualaikum pak, untuk ekspor ini di ekspor sendiri atau masih dititipkan ke perusahaan ya?
    Terimakasih

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim