Luas Areal Tembakau Pamekasan 32.205 Ha

ilustrasi: info-usaha.tripod.com

Luas areal tembakau pada musim tanam 2011 di Kabupaten Pamekasan, Madura, mencapai 32.205 hektare. Lahan tersebut tersebar di 13 kecamatan.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pemkab Pamekasan, Ajib Abdullah, mengatakan, tembakau di Pamekasan ditanam di tegal, gunung, dan sawah.

“Untuk lahan gunung diperkirakan mencapai 5.734 haktare (ha), tersebar di tujuh wilayah kecamatan yakni Kecamatan Kadur seluas 794 ha, Palengaan 1.077 ha, Pakong 224 ha, Waru 1.062 ha, Batumarmar 896 ha dan wilayah Kecamatan Pasean seluas 1.070 ha,” ujar Ajib akhir pekan lalu.

Adapun lahan tegal seluas 15.922 hektare, tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan dan untuk lahan persawahan mencapai 10.549 ha.

“Lahan tembakau sawah ini juga tersebar di 13 kecamatan yang ada di Pamekasan,” tuturnya.

Diperkirakan musim tanam tembakau terjadi antara awal atau akhir April hingga awal Mei, sesuai hasil prakiraan cuaca Badan Metereologi Klimatogi Geofisika (BMKG).

Dia menjelaskan, pada musim tanam tembakau tahun ini sejumlah pabrik juga akan melakukan usaha tanam tembakau dengan sistem kemitraan dengan petani.

“Yang sudah jelas menyampaikan kepada kami adalah perusahaan rokok Sampoerna, Gugang Garam dan Djarum,” kata Ajib.

Hanya saja pola kemitraan yang akan dibangun antara pengusaha dengan petani tembakau itu bervariatif. Ada yang memilih kemitraan penuh, tapi ada juga yang hanya bersifat parsial.

Menurut Ajib, pola kemitraan penuh meliputi semua proses kegiatan pertanian tembakau, mulai dari sistem budidaya, hingga pembeliannya.

(Sumber: KabarBisnis)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim