Jatim Bangun Tiga Rusunawa

ilustrasi: arsipberita.com

Pemprov Jawa Timur berencana  membangun tiga rumah susun sederhana sewa (rusunawa) senilai Rp45 miliar di tiga lokasi yang diperuntukkan bagi kalangan pekerja.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Jatim Farich Amin mengatakan ketiga lokasi itu yaitu di kawasan industri Berbek PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), di kawasan Sumur Welut, Kecamatan Karang Pilang, Kota Surabaya dan kawasan proyek Pusat perdagangan Agrobisnis, Jemundo, Kecamatan Sepanjang, Kab. Sidoarjo.

“Proyek itu [rusunawa] kini telah menyelesaikan detail engineering design, setelah itu diharapkan proses lelang akan dapat dilakukan sehingga proyek bisa segera berjalan,” katanya, hari ini.

Farich menegaskan ketiga proyek itu akan dibiayai oleh alokasi anggaran APBD Jatim, tetapi khusus untuk proyek di Sumur Welut akan bekerjasama dengan PT Jamsostek.

Dia menargetkan proyek itu bisa berjalan mulai 2012. “Bila semuanya berjalan lancar maka harapannya pada tahun depan proyek bisa dioperasikan.”

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Mahdi mengatakan pihaknya telah mengetahui akan adanya rencana pembangunan proyek rusunawa di wilayahnya.

“Komisi D sangat mendukung rencana pengadaan rusunawa, dan ini dibuktikan dengan proses pembahasan budgeting alokasi proyek melalui APBD Jatim telah dituntaskan. Pesannya agar proyek cepat selesai dan bisa dinikmati kalangan pekerja,” kata Mahdi.

Direktur Pengembangan PT SIER, Yoke C Katon mengatakan pihaknya memang telah disurati oleh Pemprov jika ada salah satu tanah yang dikelolanya akan dipakai untuk proyek rusanawa.

Yoke menegaskan manajeman SIER mendukung penuh proyek rusunawa itu, tetapi mengenai tanah yang akan digunakan mesti dibicarakan dulu khususnya bila tanah itu akan dilepas.

“Proses pelepasan tanah itu mesti melalui forum rapat umum pemegang saham. Meski Pemprov Jatim merupakan salah satu pemegang saham SIER, tapi pemegang saham yang lain (pemerintah pusat dan pemerintah kota Surabaya)  juga harus setuju,” kata Yoke.

Data yang dihimpun Bisnis, rusunawa SIER seluas sekitar 6.000 m2 dengan satu unit twin block yang berisi 65 kamar tipe 34, Untuk rusunawa Sumur Welut terdiri delapan twin block dengan 640 – 700 unit kamar di lahan seluas 2,8 ha. (hwi)

(Sumber: Bisnis.com)

4 Komentar Pembaca

  1. minta tolong segera diturunkan tarip listrik hunian berebek sier,karena msh terllu sangat mahal,kita hnya sebagai karyawan buruh kok dikenkan tarip bisnis terimah kasih

  2. maaf, saya mau mntak infoe untuk rusunawa… kalau saya ingin ke rusunawa (menghuni) sistemnya gmn dan caranya gmn mohon infoenya, trimakasih

  3. saya mau tanya kapan rusunawa suwur welut diresmikan ,berapa harga sewa perunit.yudi warga sumur welut.thank’s

  4. cara pendaftaranya gmn?mohon infonya

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim