Dua Rute Kapal Perintis Diresmikan

ilustrasi: www.bisnis-jatim.com

Kementerian Perhubungan meresmikan pengoperasian kapal untuk jalur perintis (layana kapal penumpang bersubsidi) KM (kapal motor) Sabuk Nusantara 27 yang melayani rute Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi.

Peresmian KM Sabuk Nusantara 27, yang melayani rute Tanjung Wangi—Sapekan—Pagerungan Besar—Kangean—Sapudi—Kalianget—Masalembo—Keramaian—Masalembo—Surabaya, dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Sunaryo.

Pada acara itu Sunaryo sekaligus meresmikan pengoperasian kapal perintis KM Sabuk Nusantara 28 yang melayani rute Pelabuhan Merauke—Bade—Agats—Pomako—Dobo—Tual.

“KM Sabuk Nusantara 27 mampu mengangkut 250 orang, sedangkan KM Sabun Nusantara 28 mampu menampung 265 penumpang,” ujarnya saat acara peresmian hari ini.

Dia menambahkan KM Sabuk Nusantara 27 berbobot 500DWT dibangun dengan biaya Rp20,1 miliar. Sementara itu, KM Sabuk Nusantara 28 yang dibangun dengan dana Rp23 miliar memiliki bobot 750DWT.

Sunaryo mengatakan ke depannya, pihaknya berupaya untuk hanya membangun kapal perintis berbobot sedikitnya 1.200DWT, agar operasional tidak mudah terhambat cuaca.

Di tempat yang sama, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta pemerintah juga membuat perencanaan mengenai integrasi antarmoda transportasi di daerah itu.

“Akan sangat baik jika pemerintah [selain menempatkan kapal perintis di Banyuwangi] juga membuat desain yang komprehensif mengenai integrasi antarmoda, yakni kereta api, laut, bus, dan ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan)”, paparnya.

Dia mengatakan pihaknya siap berbagi dengan pemerintah mengenai infrastruktur, sarana, dan prasaranan apa saja yang dibutuhkan. Banyuwangi, katanya, siap menjadi proyek percontohan sebagai daerah yang menerapkan multimoda secara lancar.

Letak terminal, stasiun, dan Pelabuhan Tanjung Wangi di Banyuwangi memang tidak begitu jauh. Dari Pelabuhan Tanjung Wangi, menuju ke terminal bus dan stasiun hanya berjarak 500 meter. (sut)

(Sumber: Bisnis.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim