Pertanian Banyuwangi Perlu Dukungan

Ilustrasi

Kendati luas lahan petanian di Kabupaten Banyuwangi 45,42 persen dari total luas daratan yang mencapai 5.782,50 Kilometer persegi, akan tetapi pertumbuhannya lamban yaitu sebesar 5,74 persen sementara sector perdagangan, hotel dan restoran pada tahun 2010 sebesar 7,60 persen.

Hal itu dikatakan Kepala Bappeda Kabupaten Banyuwangi, Suhartoyo dalam pertemuan konsultasi Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Banyuwangi tahun 2011-2015 di Bappeda Jatim.

Sementara kontribusi sector pertanian Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) menduduki urutan teratas yaitu 49,03 persen sedangkan sector perdagangan, hotel dan restoran 24,04 persen. “Untuk memacu sector pertanian, kami minta dukungan Pemprov Jatim”, harap Suhartoyo.

Beberapa isu strategis yang dikedepankan dalam perencanaan pembangunan Kabupagten Banyuwangi, antara lain, pendidikan dan kesehatan, kemiskinan dan pengangguran, revitalisasi sector pertanian dan pariwisata, infrastruktur, lingkungan serta tata kelola pemerintahan yang baik.

Isu strategis tersebut jika tidak diantisipasiakan menimbulkan kerugian yang lebih besar atau sebaliknya jika tidak dimanfaatkan akan menghilangkan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang.

Banyuwangi, lanjut Suhartoyo mempunyai kelebihan yaitu, merupakan produsen produk primer yang  dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya beras dan perikanan, potensi alam dan jumlah penduduk yang cukup besar, posisi strategis karena berada di perbatasan dan jalur Bali dan Jawa Timur.

Disamping banyaknya tokoh-tokoh yang berpengaruh, heteroginitas budaya masyarakat dan dukungan politik mayoritas. (adm)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim