Pak De Ditawari Jadi Gubernur California

Ilustrasi (foto: presidensby.info)

Kongres Amerika Serikat melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Jawa Timur, Kamis (24/2/2011). Lima orang anggota AS Konggres didampingi lima orang staf ahli dan Konjen AS di Surabaya Kristen F Bauer, mengunjungi Kantor Gubernur Jawa Timur.

Rombongan ini terdiri dari David Drier (ketua Kongres dari Partai Republik California), David Price (anggota Kongres dari Partai Demokrat Carolina Utara), Lois Capps (anggota Kongres dari Partai Demokrat California), Sam Farr (anggota Kongres dari Partai Demokrat California) dan Jim MC Dermott (anggota Kongres dari Partai Demokrat Washington).

Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang menyambut kedatangan anggota Kongres AS ini, tidak membahas hal yang serius. Kedatangan mereka hanya dalam rangka kunjungan ke Indonesia. Sebelumnya, rombongan dari AS ini juga sudah bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta.

Namun dalam pertemuan yang berlangsung hampir satu jam itu, ada yang cukup menggelitik. Sempat terlontar dari ketua rombongan David Drier, menawarkan Soekarwo untuk menjadi Gubernur California.

“Mungkin saya bisa mengusulkan kalau Pak Soekarwo jadi Gubernur California,” katanya dan membuat gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo dan undangan yang hadir terbahak-bahak.

Apa yang diutarakan David Drier itu bukan tanpa alasan, pasalnya dia menilai pekembangan Jatim cukup fantastis, khususnya perkembangan dalam bidang demokrasi. Dalam waktu yang relatif lebih singkat, demokrasi di Jatim sudah cukup baik. Sedangkan Amerika sendiri untuk melakukan perubahan dan penerapan demokrasi membutuhkan waktu 200 tahun.

David juga mengungkapkan kekagumannya pada perubahan perekonomian dan pembangunan di Jatim yang cukup pesat. Dia menyatakan, 21 tahun lalu ketika berkunjung ke Indonesia khususnya di Surabaya sudah sangat berbeda dengan keadaan saat ini.

Tidak hanya David Drier, Lois Capps juga mengungkapkan kekagumannya pada kepemimpinan Pakde Karwo. Dia melihat banyak perubahan yang berhasil dilakukan Pakde Karwo selama memimpin Jatim. Dia juga melihat adanya pertumbuhan ekonomi masyarakat Jatim, serta peningkatan kesejahteraan.

Pakde Karwo mengatakan ungkapan dari David Drier itu merupakan guyonan. “Ah itu hanya guyonan saja, dalam pertemuan tadi banyak guyonnya. Tentu tawaran itu tidak serius. Dia hanya guyon, kan saat ini Gubernur California berasal dari artis (Arnold Schwarzenegger, red),” tandasnya setelah menjamu rombongan.

Pakde juga menjelaskan kalau rombongan Konggres AS ini lebih tertarik pada perkembangan demokrasi. Dalam pertemuan itu juga banyak dibahas tentang pemerintahan, khususnya terkait hubungan antara perlemen atau legislatif dengan pemerintahan atau eksekutif. Karena hal itu dianggap berbeda dengan yang ada di Amerika.

Setelah dari gedung negara Grahadi, rombongan Konggres AS ini menuju ke Masjid Al-Akbar Surabaya. Masjid tersebut dianggap sebagai simbol kerukunan umat beragama di Jatim khususnya di Surabaya. “Kami menganggap Jatim dan Surabaya ini penting,” kata Konjen AS di Surabaya Kristen F Bauer. (lal/beritajatim)

(Sumber: Inilah.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim