Gemuruh Lereng Wilis Terus Diteliti

Panorama lereng Wilis/indonesia-admin.blogspot.com

Tim survei gabungan sedang meneliti terjadinya suara gemuruh di sebagian besar kawasan Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung dan di daerah-daerah di sekitar lereng Gunung Wilis.

Pada Suara Surabaya, Jumat (25/02), SISWANTO Kepala BPBD Pemprov Jawa Timur mengatakan tim gabungan ini sudah bekerja sejak seminggu yang lalu. Tim gabungan itu terdiri dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) dan ESDM.

Sampai sekarang ini masih belum ada hasilnya, tim membutuhkan teknologi untuk melihat sejauh mana tingkat kegemuruhan. BPBD Pemprov Jawa Timur, kata SISWANTO, berharap pemerintah kabupaten atau kota di daerah itu yang belum punya BPBD segera membentuk BPBD.

Ini supaya memudahkan koordinasi penanganan kesiapsiagaan bencana yang mungkin timbul. Sekarang ini yang dilakukan,.sosialisasi ke masyarakat di lokasi terjadinya suara gemuruh dan getaran. Karena getaran seringkali terasa antara pukul 01.00 sampai 03.00 WIB dan ini membuat warga ketakutan.

Sejak Januari lalu, terjadi suara gemuruh dan kadang menggelegar di Trenggalek, Madiun dan sekitarnya. Dan peristiwa seperti itu belum pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. (gk/tin)

(Sumber: SuaraSurabaya.net)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim