Rel Layang Ganda Juanda Segera Dimulai

Ilustrasi (foto semboyan35.com)

Pertengahan 2011 ini, pemerintah pastikan mulai membangun jalur rel layang ganda (Double track elevated railway) untuk kereta jurusan Stasiun Gubeng-Bandara Juanda. Tahap awal, pembangunan rel layang jalur ganda dibangun dari kawasan bundaran Aloha menuju bandara Juanda.

“Bulan ini lelang sudah dimulai, kemungkinan bulan depan pembangunan tahap awal dari Aloha ke Juanda bisa dilakukan,” kata Kepala Bidang perkeretaapian Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur, Isa Anshori, hari ini.

Untuk tahap awal pembangunan dari Aloha ke Juanda, pemerintah menganggarkan Rp 30 miliar dari APBN. Dana ini sudah siap dikucurkan untuk memulai proyek tersebut.

Isa memperkirakan pembangunan jalur rel layang ganda dari stasiun Gubeng menuju bandara Juanda sepanjang 12 kilometer ini akan menelan biaya Rp 1,4 triliun.

Rel sendiri akan dibangun diatas jalur rel yang telah ada yaitu dari stasiun Gubeng menyusuri ke arah selatan menuju stasiun Wonokromo kemudian dilanjutkan hingga ke kawasan Aloha Sidoarjo.

Dari Aloha ini, pemerintah akan membangun rel baru berbelok ke arah timur menyusuri jalan arah Juanda hingga ke kawasan parkir bandara. “Di Juanda nanti akan dibangun stasiun baru,” katanya.

Terpisah, General Manajer PT Angkasan Pura I Juanda, Trikora Harjo meminta, pembangunan rel layang ini bisa menyesuaikan tingkat keamanan dan kenyamanan penerbangan. “Prinsipnya, rel jangan terlalu tinggi, kita sudah minta tim mengkaji,” ucapnya.

Sebagai solusi, saat ini sedang dikaji apakah rel itu akan dibangun dengan sistem underground atau dibawah tanah atau tetap diatas tanah. Hasil tim pengkaji yang berisi gabungan dari pihak bandara, PT KA, Dinas Perhubungan dan kontraktor paling cepat akan rampung akhir bulan depan.

Meski begitu, proses pembangunan tiang pancang pertama kemungkinan tetap akan dimulai pada bulan depan.

(Fatkhurrohman Taufiq /Tempo Interaktif.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim