Hari ini, Disperindag Jatim Gelar Lelang Komoditi Lokal

Komoditi yang dilelang diperkirakan paling banyak masih didominasi hasil pertanian seperti beras, jagung, gula pasir, kedelai, kacang hijau, sayur mayur seperti kentang, wortel, cabe, kubis, bawang merah, bawang putih.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim akan menggelar lelang komoditi lokal ke-78 di  Puspa Agro Jemundo, Jl Sawunggaling No 177-163 Taman Sepanjang Sidoarjo, Selasa (22/2) hari ini.

Lelang kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Pertama diselenggarakan pada Selasa (29/6) 2010, kedua pada pembukaan Puspa Agro pada Sabtu (17/7) 2010. Kegiatan lelang ini merupakan agenda rutin Disperindag Jatim pada setiap minggu ketiga di akhir bulan yang biasanya digelar di kantor pusat PT Bank Jawa Timur Jl Basuki Rachmad Surabaya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim,  Drs Arifien T Ariadi, MM, mengatakan, lelang yang akan dimulai sekitar pukul 09.00 diperkirakan dihadiri peserta, baik para petani, penjual dan pembeli dari berbagai daerah di Indonesia.

Diperkirakan, paling banyak dari pasar Induk Jakarta dan Bandung serta kabupaten/kota di Jawa Timur. Diharapkan lelang di Puspa Agro pada bulan kedua 2011 ini bisa menghasilkan transaksi lebih besar dari lelang di Surabaya.

Komoditi yang dilelang diperkirakan paling banyak masih didominasi hasil pertanian seperti beras, jagung, gula pasir, kedelai, kacang hijau, sayur mayur seperti kentang, wortel, cabe, kubis, bawang merah, bawang putih. ”Lelang besok (hari ini –red), untuk sayur mayur, khususnya cabe rawit  banyak dicari para pedagang,” kata Arifien.

Hal itu, dikarenakan komoditi makanan basah ini pada akhir 2010 hingga awal 2011 harganya terus naik, dan saat ini untuk harga cabe rawit di pasar tradisional Surabaya masih berkisar Rp95.000/kg. Untuk cabe merah keriting dan biasa Rp30.000/kg serta bawang merah Rp22.000/kg.

Selain cabe, makanan pokok beras juga masih menjadi incaran para pedagang besar khususnya dari Jakarta, Bandung, Semarang dan kota-kota besar di Indonesia. Karena beras sampai saat ini harganya masih cukup tinggi meskipun panen mulai tiba. Untuk beras medium IR 64 berkisar Rp7.200/kg dan beras kualitas baik sekelas pandan wangi mentik masih berkisar Rp9.000/kg.

Lelang di akhir Februari ini, komoditi buah-buahan seperti melon, semangka, apukat, jeruk, pisang, apel, buah, rambutan, pisang, pier, duku dan buah naga akan banyak dicari oleh para distributor pasar induk Jakarta.

Di samping itu, di arena lelang juga dijual berbagai rempah-rempah seperti jahe gajah, jahe emprit, kunir, kencur, temu ireng, mrica, pala, kayu manis, cabe jamu dan berbagai bunga.

Selain itu, juga dijual aneka kerupuk, jamu tradsional, bumbu masak, ikan air tawar, telur, gula merah dan berbagai kerajinan dari berbagai daerah di Jatim. Selain itu, akan dijual pula berbagai makanan khas daerah dan minuman, aneka kue kering, pakaian serta alas kaki.

Diharapkan, pada lelang ketiga di Puspa Agro bisa menghasilkan transaksi lebih besar dari lelang-lelang sebelumnya. Sebab, Puspa Agro merupakan tempatnya para pedagang besar dan petani untuk menjual produk komoditi agrobis.(rac/bhi)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim