Penerima Adipura Dikurangi, Sampang Butuh Kerja Ekstra

Pintu gerbang masuk Kabupatan Sampang

Meski tahun lalu Pemkab Sampang meraih Adipura, namun kali ini perlu kerja untuk bisa mendapatkannya kembali. Apalagi peraih Adipura  kali ini dibatasi hanya 50 kabupaten/kota se-Indonesia, sementara tahun lalu  peraih adipura untuk kabupaten /kota mencapai 150. Demikian disampaikan Kepala  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sampang Slamet Terbang, Kamis, (17/2) kemarin.

Upaya untuk mempertahankan piala Adipura, Pemkab Sampang melalui (BLH) masih  terus melakukan pembenahan dan memperindah lingkungan yang berada di Kabupaten Sampang agar prestasi tahun lalu tetap bisa dipertahankan.

Menurut Slamet Terbang, pihaknya tetap berharap Kabupaten Sampang akan bisa mempertahankan piala adipura. Sebab, jika Sampang berhasil mempertahankan piala adipura untuk kedua kalinya, maka sejarah akan terus terukir bahwa kabupaten sampang masih terus bisa bersaing dengan kabupaten lain yang berada di Indonesia.

Slamet juga menerangkan, tim yang terdiri dari kementerian lingkungan hidup dan BLH Jawa Timur, sudah mengunjungi beberapa titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Sampang.  Titik lokasi itu, diantaranya adalah pasar, terminal, pertokoan, perumahan, sekolah, perkantoran, rumah sakit, tempat pembuangan akhit (TPA), sungai. ruang terbuka hijau, pengolahan sampah.

Di lokasi-lokasi tersebut, tim akan menilai terkait kebersihan dan keseimbangan alam. Namun hingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil penilai pertama dari tim yang sudah melakukan penilaian.ungkapnya. Slamet terbang yang juga mantan kepala dinas PU Cipta karya dan tata ruang Kabupaten Sampang, menyayangkan kebijakan APBD untuk (BLH) Sampang tahun anggaran 2011 lebih kecil dibanding tahun anggaran 2010 lalu. Jika tahun 2010 lalu untuk (BLH) sampang dianggarkan mencapai 6 milyar, kali ini hanya dianggarkan 3,7 milyar saja, hal ini juga menjadi kendala untuk mempertahankan kembali piala adipura Sampang. Namun kendala anggaran yang ada tersebut, tidak akan menjadi kendala satu-satunya untuk mematahkan semangat untuk meraih piala adipura kembali. (lis)

3 Komentar Pembaca

  1. kenap kota smpng tidak bisa mempertahankan ADI PURA. krn masyrakat smpang tdak puxak kesadarn akn kjebersihan…camn taux merusak,,,itu lah masyarakat sampang…

    marilah kita bngun dlm dri kita masing2 akan kebersihan…

    KEBERSIHAN ADLAH SEBAGIAN DR IMAN.

  2. BLH tahun ini pasti dapat ADI PURA….

  3. Sampang pernah raih adipura.
    Sya selaku orang yang brkelahiran smpg bangga banget mendengarnya krna kota smpg yg penuh cerita layak mndptknnya.
    Tapi knp ya skrg smpg tdk bisa mmpertahankn gelarnya!
    Manusianya mgkin krg kesadaran akn lingkungan sekitar.
    Ap krena dana untuk blh krg memadai..
    sya skrg d srby ,n sya smpet kecewa dgn kotaq skrg krn ap.,mlalui pmbngunannya aj skrg menurun….sprt jalannya bnyak rusak/trmbelan yg bisa bhayakan pngrndara motor. Trmsuk wrga smpg sndiri. Ayo smpg bangkit hijaunya…
    Itu ja dri sya ayo smpg love you….jga imanmu….

    Trmks

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2942. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim