Kawah Candradimuka Entrepreneurship

Foto: A. Kusnanto / M.Comm

Kota Batu memang kaya akan potensi wisata alam. Tapi, wahana yang satu ini memiliki keunikan tersendiri sebagai tempat wisata. Kampoeng Kidz namanya. Lokasi wisata ini tepatnya berada di Jl. Pandanrejo 1 Bumiaji, Batu. Kampoeng Kidz bukan wahana wisata biasa. Ia bagai laboratorium pendadaran mental entrepreneurship bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Raharjo, marketing Kampoeng Kidz, mengatakan Kampoeng Kidz merupakan sarana pembelajaran dan pengenalan entrepreneurship sejak usia dini bagi masyarakat umum. Buka hanya untuk siswa dan lulusan Sekolah Selamat pagi Indonesia saja. “Selain sebagai tempat pembelajaran, Kampoeng Kidz juga dapat digunakan sebagai salah satu akternatif berlibur, refreshing dalam suasana kampung dan pegunungan,” jelasnya.

Begitulah. Kampoeng Kidz dibangun dengan tujuan pertama, untuk menanamkan jiwa entrepreneur sejak dini.

Kedua, mengajarkan pada pengunjung (khususnya anak-anak) untuk menghargai setiap pendapatan dari apa yang mereka usahakan.

Ketiga, supaya siswa-siswi sekolah tidak hanya mendapatkan teori dari buku-buku pelajaran, tetapi mereka dapat langsung mempelajari dan mempraktekkannya, terutama dalam bidang pertanian dan peternakan.

Keempat, pengunjung dapat mempelajari lebih dalam khususnya soal pertanian dan peternakan.

Kelima, agar nuansa kehidupan desa dan berbagai permainan kuno yang saat ini hampir punah akan tetap bertahan di tengah kehidupan kota yang serba canggih dan banyak bermunculannya mainan modern.

Berbagai wahana pernainan yang diorientasikan sebagai implementasi entreprenuership di Kampoeng Kidz antara lain pertambangan, pertanian, perikanan, peternakan, otomotif, kontraktor, art gallery dan restaurant.

Semua wahana itu dikelola oleh anak-anak sekolah Selamat Pagi Indonesia. Selain sebagai sarana praktek berbasis kompetensi, hasil bumi itu juga dipakai untuk mendukung terlaksananya pendidikan sekolah. Mereka yang menempuh pendidikan tingkat SMU di Sekolah Selamat Pagi Indonesia direkrut dari berbagai kota di Indonesia. Ada yang dari Surabaya, Bandung, Jayapura, Balikpapan, hingga Poso.

Tapi, Kampoeng Kidz juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin menikmati keunikan tiap wahana yang tersedia. Tinggal pilih paket-paket yang disediakan. Paket entrepreneur, misalnya, pengunjung tinggal menyediakan uang Rp 50 ribu per orang untuk kunjungan selama 5 jam. Atau mungkin memilih paket-paket lainnya, seperti Paket Pengenalan Lingkungan Hidup (mulai Rp 25 ribu per anak selama 2 jam) maupun Paket Refreshment (mulai Rp 15 ribu per orang).

(Sumber: suarasurabaya.net)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim