Jumat, 31 Maret 2017

2.000 Desa Terima “Sambung Hati” dari Gubernur

Gus Ipul (dok. mediaindonesia.com)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberikan bantuan dana pembangunan infrastruktur untuk 2.000 desa di seluruh Jawa Timur pada tahun 2011. “Tiap desa mendapatkan anggaran Rp 60 juta,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf di Sumenep, Minggu (13/2).
Saifullah mengakui jumlah bantuan tersebut memang kecil. Namun bantuan tersebut sebagai perangsang kegiatan pembangunan di desa. Bantuan tersebut di luar Alokasi Dana Desa (ADD). “Ini merupakan sambung hati Pak gubernur pada warga desa,” ujarnya.

Menurut Saifullah, dibanding tahun 2010, jumlah desa penerima bantuan bertambah dari 1.250 menjadi 2.000 desa.

Untuk Kabupaten Sumenep, sebanyak 300 desa yang masuk daftar penerima bantuan. Bagi desa yang belum kebagian, Saifullah meminta bersabar karena bantuan ini rutin sehingga semua desa akan kebagian. “Dana bantuan ini harus dimanfaatkan hanya untuk pengembangan infrastruktur,” ucapnya.

Saifullah berharap Kabupaten Sumenep yang letaknya di ujung timur Pulau Madura, harus mampu menjadi motor pembangunan. Dia menilai kemajuan Sumenep akan berdampak positif karena bisa merangsang kemajuan di kabupaten lain seperti Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sampang.

Modal Sumenep untuk maju secara ekonomi sudah memadai, yaitu memiliki bandar udara, pelabuhan laut, dan tempat wisata. “Kalau serius, kemajuan masyarakat bisa dipercepat,” paparnya.

Adapun percepatan pembangunan di wilayah kepulauan, Saaifullah mengaku pihaknya belum memiliki formula yang tepat. “Saya, pak Gubernur dan Bupati masih mencari formula yang tepat, ini PR kami,” tukasnya. (Musthofa Bisri)

(Sumber: Tempo Interaktif)

Komentar Pembaca

  1. Saya sangat mendukung adanya bentuk bantuan yang di istilahkan dengan ”Sambung Hati” ini. Kalau para para kades-kades di desa-desa terbuka dan jujur dalam melaksanakan bantuan tsb, saya yakin akan membantu mempercepat pembangunan infrastruktur di perdesaan. Apakah desa saya, yaitu Desa Sepulu Kecamatan Sepulu Kab. Bangkalan juga mendapatkan ”Sambung Hati” ini pak?

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim