Dana BOS Jatim Madrasah Diniyah Rp280 miliar

Ilustrasi (photo: apsijatim.blogspot.com)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan perhatian yang sama kepada sekolah berbasis agama menyusul pada 2011 telah mengalokasikan sedikitnya Rp280 miliar untukk program Bantuan Operasional Sekolah Daerah khusus bagi Madrasah Diniyah diprovinsi itu. Pemprov Jatim juga mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia madrasah diniyah dengan menyekolahkan sedikitnya 5.000 orang tenaga pengajar sekolah berbasis agama Islam tersebut.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan pihaknya juga memberikan perhatian sama terhadap sekolah berbasis agama termasuk pondok pesantren di Jatim. “Pada 2011, APBD Jatim telah mengalokasikan BOS-Da (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) yang diperuntukkan bagi operasional sekolah agama Rp280 miliar, jadi pemerintah tidak hanya memperhatikan sekolah umum saja tapi juga sekolah agama,” kata Soekarwo kepada pers, hari ini.

Gubernur Jatim menerangkan pengadaan program BOS-Da di Jatim itu dipicu dengan adanya program BOS bagi sekolah umum yang diadakan pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan Nasional, termasuk BOS yang dikelola Kementrian Agama untuk madrasah salafiyah, SMP Islam dan sejenisnya.

Jika sekolah umum dapat BOS, katanya, maka mestinya madrasah diniyah dapat perlakuan sama. Merujuk hal itu maka Pemprov Jatim sejak tahun lalu mengalokasikan dana BOS Da untuk institusi pendidikan yang bisanya dikelola oleh pondok pesantren itu. “Wong lulusan madrasah diniyah itu bisa diterima di Yaman, Mesir dan Arab Saudi,” ujarnya.

Khusus untuk tenaga pengajar, lanjut dia, pihaknya juga telah melakukan pemberdayaan dengan menyekolahkan sedikitnya 5.000 tenaga pengajar madrasah diniyah ke sejumlah perguruan tinggi agar kualitasnya semakin mumpuni. Pemprov Jatim, lanjut dia, rencananya akan melakukan sertifikasi untuk lulusan maupun tenaga pengajar di madrasah diniyah. (Bisnis/k21)

(Sumber: bisnis.com)

15 Komentar Pembaca

  1. Pak Gubernur Yang kami hormati bagaimana tentang BOSMADIN Gresik 2011 Sampai sekarang kok belum cair – cair cepat segera dicairkan pak gubernur kami pengelolah Madin sangat membutuhkan ………..

    • Pak Gubernur Yang kami hormati bagaimana tentang BOSMADIN Gresik 2011 Sampai sekarang kok belum cair – cair cepat segera dicairkan Pak Gubernur kami pengelolah Madin sangat membutuhkan ………..

  2. Pak Gubernur Yang kami hormati bagaimana tentang BOSMADIN Gresik 2011 Sampai sekarang kok belum cair – cair cepat segera dicairkan pak gubernur kami pengelolah Madin sangat membutuhkan ………..

  3. kapan BOSDA madin cair pak kami menunggu terus tapi enggak kunjung berita kasihan deh pak guru swasta

  4. kapan pak cairnya BOSDA MADIN

  5. “kami” ucapkan banyak terimakasih kepada bapak Gubernur dan wakil Gubernur yan telah merencanakan bantuan dan segalanya, namun kalau boleh “kami” mengusulkan MADIN tidak hanya berintelektual agama saja naun diharuskan ada skil pendukung semisal dengan kemampuan keterampilan dan kecerdasan santri disinergikan dengan pendidikan agama.

  6. kami sampaikan banyak terimakasih pada bpk gubernur yang telah memberikan perhatian pada lembaga pendidikan keagamaan utamannya madin.mudah-mudahan kami dapat mengemban amanat ini. dan bos tetap istiqomah

  7. Bapak Gubernur Yth
    Selain dana BOS Da utk Madin, Madin juga butuh bantuan dana pembangunan gedung seperti layaknya sekolah2 umum.
    Selain itu, kami sangat bangga dengan program pemberdayaan dengan menyekolahkan tenaga pengajar madrasah diniyah ke sejumlah perguruan tinggi namun harapan kami, progrm itu harus dilakukan secara merata sehingga semua madin dapat merasakan.
    Sekian, Masykur!!!

  8. pak gubernur yg terhormat,tolong rencana bapak yanng mau mensertifikasi guru madin supaya segera direalisasikan krna itu kami sudah lama kami idamkan

  9. maaf sebelumnya, pak gubenur yang kami hormati kalu saya boleh tau kapan keluarnya BOSDA sumenep katanya bulan ini ko’ sampek sekarang belum cair-cair.
    trimakasih.

  10. Bapak Gubernur yang terhormat,tolong dana bosda madin wilayah tuban juga segera di realisasikan…..

  11. BOSDA MADIN DI PONOROGO MHON SEGERA DITURUNKAN TERUTAMASHARING DARI PEMKABNYA

  12. Assalamu’alaikum wr.wb. Bapak Gubernur Yth..Saya memohon agar Madin terus dan terus diperhatikan secara istiqomah..Barokallahu lana walakum wajami’almuslimiin.Aamiiin. Terimakasih. Wassalamu’alaikum wr.wb.

  13. segala penuh hormat saya aturkan kepada bpk gubernur dan bpk bupati.kmi selaku dwan guru madin meminta tanggapan bpk tentang bosda,yg sampai skrang blm cair.dan pendidikan TPQ jg tlng diperhtikan khusus.

  14. Assalamu’alaikum wr wb.
    Mohon maaf pak gubenur selama ini madrasah diniyah kami belum bisa menyerap program bosda bapak, jadi kami mohon kiranya membimbing kami (madin annur campurejo panceng gresik jatim) dalam pengajuan bosda madin agar bisa mengambil manfaat dari program tersebut. ( kepala madin R. Ansori, S.Pd.I/ cp. 0812 3162 1027) email : ponpes.annur.pa@gmail.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim