Menkes Pastikan Susu Formula Aman Dikonsumsi

Endang Rahayu Sedyaningsih (ANTARA/Andika Wahyu)

Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih, menegaskan kembali bahwa susu formula yang saat ini beredar di pasaran aman untuk dikonsumsi.

Hingga saat ini Kementerian yang dipimpinnya tidak menerima adanya pengaduan dari masyarakat yang mengeluhkan buruknya mutu susu yang beredar.

“Semua susu formula yang beredar aman dikonsumsi. Tidak ada laporan yang masuk soal adanya susu formula berbakteri,” kata Endang Rahayu Sedyaningsih saat menghadiri bakti sosial di Rumah Susun Sombo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat 11 Februari 2011.

Kementerian Kesehatan tidak mengetahui hasil penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menyebutkan bahwa sejumlah susu formula di pasaran mengandung bakteri Enterobacter sakazakii.

“Data yang lebih lengkap ada di IPB. Tapi Kementerian Kesehatan dan Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pusat sudah menjamin aman untuk dikonsumsi,” urai Endang.

Disinggung adanya sejumlah merek yang dijadikan objek penelitian IPB, Menkes juga mengaku tidak mengetahui. Karena selama penelitian yang dilakukan April hingga Juni 2006 lalu itu, pihaknya tidak menerima laporan soal hal itu.

Namun, Menkes mengimbau kepada semua masyarakat yang memiliki anak balita untuk tidak diberi susu formula merk apapun. Karena, usia setengah tahun lebih baik diberi air susu ibu (ASI). “Untuk ketahanan bayi, ASI sangat perlu diberikan sejak dini,” pungkas Endang.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya
(Sumber: vivanews.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim