Produsen Alas Kaki Incar Jatim

AP Photo/Chitose Suzuki (www.boston.com)

Setidaknya 22 perusahan alas kaki wanita, olah raga, dan kasual asal Taiwan dan Korea siap berinvestasi di Indonesia tahun 2011. Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Anshari Bukhari mengatakan, 22 perusahaan tersebut menjajaki lokasi di Sidoarjo, Purwakarta, dan Tangerang.

“Tahun ini bakal ada 22 perusahaan alas kaki asal Taiwan dan Korea yang akan masuk ke Indonesia. Mereka ekspansi ke Indonesia,” kata Anshari saat jumpa pers tentang Pencapaian Pertumbuhan Industri Tahun 2010 di Jakarta, Selasa (8/2).

Namun, lanjut dia, investasi tersebut terkendala oleh ketersediaan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan. Industri-industri tersebut, ujar dia, membutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan menjahit.

“Padahal, potensi serapan tenaga kerjanya sekitar 3-5 ribu orang per perusahaan. Levelnya lulusan SMP. Kemenperin mempunyai balai pelatihan di Sidoarjo. Untuk mpercepat penciptaan tenaga kerja terampil, pelatihan tidak lagi langsung kepada tenaga kerja. Tapi, melatih pelatih di perusahaan terkait. Kalau sudah terampil, dia melatih pelatih baru lagi,” tutur Anshari.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy idjanarko membenarkan hal tersebut. “Ditotal-total ada 22 perusahaan alas kaki asal Taiwan, Korea, dan Vietnam yang siap nvestasi di Indonesia tahun ini. 4 perusahaan diantaranya sudah produksi lancar di Jawa Timur. Masing-masing kapasitas 200-300 ribu pasang per bulan,” tutur Eddy. (Jaz/OL-2)

(Sumber: MediaIndonesia.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim