Rabu, 1 Oktober 2014

Jatim Butuh 3.393 Tenaga Perawat

Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf memberikan ucapan selamat kepada pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jatim.

Pemprov Jatim saat ini membutuhkan tenaga 3.393 perawat untuk ditempatkan pada Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Wakil Gubernur Jatim, Drs H.Saifullah Yusuf berharap pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jatim bisa turut aktif untuk melaksanakan program tersebut.

Saat ini Pemprov Jatim memiliki program untuk mengubah status Poliklinik Desa (Polindes) menjadi Ponkesdes. Masing-masing Ponkesdes akan ditangani satu orang perawat yang sudah terlatih.

Pada tahun 2010 pemerintah mentargetkan bisa mengubah status Polindes menjadi Ponkendes sebanyak 1814. Sayangnya, hanya terealisasi sebanyak 1608, sebab ada tiga kabupaten yaitu Kabupaten Jombang, Nganjuk dan Blitar menolak perubahan status tersebut. Sedangkan untuk tahun 2011, Pemprov berharap ada 110 Ponkesdes, tapi dari kabupaten/kota hanya mengusulkan 775.

Saat ini jumlah Polindes di Jatim sebanyak 5775, sehingga apabila Polindes akan dikembangkan menjadi Ponkesdes maka masih dibutuhkan 3.393 tenaga perwat.

“Tenaga perawat saat ini memang sangat diperlukan, sebab perawat sebagai ujung tombak pelayan kesehatan, keberadaanya sangat diperlukan sebagaimana tenaga paramedis lainnya dalam pembangunan kesehatan,” kata pria yang biasa di sapa Gus Ipul itu saat menghadiri Pelantikan Pengurus PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Provinsi Jawa Timur, di Hotel Ibis Surabaya, Senin (7/2).

Oleh karena itu, para perawat harus terus meningkatkan kompetensi dengan menciptakan inovasi dalam pelaksanan tugas, juga harus menguasai teknologi keperawatan yang terbaru. Agar dapat bersaing di era global.

Untuk meningkatkan kompetensi perawat, Pemprov Jatim akan mengadakan  sertifikasi perawat. Sehingga perawat yang mempunyai kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditentukan yang diakui pemerintah dengan mendapatkan penghasilan sesuai dengan kompetensinya. “Peran PPNI sangat dibutuhkan dalam hal ini,” tandas Gus Ipul.

Saat ini Undang-Undang Keperawatan yang akan memayungi tugas para perawat sedang diolah oleh DPRD. Gus Ipul menyatakan bahwa akan terus memantau pengolahan tersebut, sehingga para perawat tidak lagi cemas dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Dr. Dodo Anondo, MPH, yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan pelayanan kesehatan dibagi dalam tiga kategori, yaitu Primary Healthy Care pelayanan kesehatan yang berada di pedesaan. Secondary Healthy Care di tingkat kabupaten dan Tersier yang berada provinsi.

Jika pelayanan kesehatan di pedesaan dan kabupaten tidak dibenahi secara baik, maka keberadaan rumah sakit umum di provinsi akan selalu dipenuhi pasien, walaupun sarana dan prasaranan tersus ditingkatkan. “Banyak yang sebenarnya terserang penyakit ringat tapi berobat ke RSUD Dr Soetomo, seharusnya mereka bisa berobat ke Puskesmas,” terang Anondo.

Untuk itulah diperlukan keberadaan perawat di Ponkesdes sangat diperlukan. ”Tugas mereka adalah melakukan promotive dan preventif kesehatan pada masyarakat, sehingga mengetahui pola hidup sehat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kesehatan,”tukasnya.

Sedangkan Direktur Utama RSUD Dr. Soetomo  Dr. Slamet Riyadi  Yuwono menyatakan bahwa apabila pelayanan kesehatan di tingkat pedesaan dan kabupaten/kota tidak dibenahi, maka RSUD Dr. Soetomo selalu dijejali oleh pasien. Walaupun berbagai upaya telah dilakukan guna peningkatan pelayanan.

“Saat ini  RSUD Dr. Soetomo setiap hari dipenuhi  tiga ribu pasien rawat jalan. Fasilitas ditingkatkan terus, demikian pula pasien terus bertambah.Untuk itulah diharapkan agar pelayanan kesehatan di pedesaan dan kabupaten juga harus ditingkatkan,” ungkapnya. (bhi)

25 Komentar Pembaca

  1. Perawat sejahtera masyarakat sehat… :)

  2. Semoga sukses ya dan terjamin kesehatan rakyat jawatimur….
    Hidup Rakyat Indoesia!!

  3. maav mau tanya nieh. d bangkalan madura ada pendaftaran perawat ponkesdes.d pengumuman tertera tgl 26maret 2012, tp smpe skrg tgl 12april blm kluar juga di dinkes. itu bgmn? penempatannya apa gk bisa milih?terimakasih

  4. mohon maaf sebelumnya, saya mau tanya…saya termasuk perawat ponkesdes dari kab. ponorogo angkatan tahun 2010….untuk tahun 2013 di kab kami, sampai tanggal sekarang ini kok belum ada pengumuman untuk memperbaharui kontrak untuk 2013….kami pernah menanyakan ke dinkes setempat, katanya masih tunggu berita dari propinsi….mohon perhatiannya agar kejadiaan th 2011 tidak terulang di 2013, yaitu kami tidak di gaji selama 3 bulan……terima kasih atas perhatian bapak…..

  5. kalau dimalang bagaimana cara mendaftar menjadi poskesdes, kapan pelaksanaannya dan dimana kami mendapatkan informasinya…TERIMAKASIH

  6. perawat ponkesdes berharap bisa lebih sejahtera . . .meski belum PNS. . .agar maksimal dalam mutu dan pelayanan. . .terimakasih. . .perawat sejahtera masyarakat sehat. . .

  7. klo bisa d upayakan perawat ponkesdes sama gajinya dengn bidan ptt d polindes agar maksimal dalam mutu dan pelayanan. . .terimakasih. . .perawat sejahtera masyarakat sehat. . .

    • okey sip ma’ nyus,,,,,,,,,,,,,,

  8. Ma’af pak/bu mau tanya, kapan perawat ponkesdes mendapatkan NR.PTT seperti bidan ptt…, trz apa perawat ponkesdes diakui oleh BKN? dan kedepannya apa perawat ponkesdes bisa jd perawat PNS/bs trz berlanjut? kalau jabatan pak gubernur sudah habis jabatannya. Soalnyakan ini program pemprov.jatim.
    “TERIMA KASIH”

  9. bpk ibu,yng sya hormati,setidaknya anda anda semua jngan terll bnyak bermimpi,ksehatan d jw tmur bhakn d seluruh indonesi bs maju,,,jngan bermimpi,,,,,gmn mau sehat,dan bsa memberikan plyanan yng prima,klo GAJI PERWATNYA,MSH TINGGIAN GAJINYA PEMBANTU RUMAH TANGGa,,,,,!!!!!kenap tng ksehatan d negri trcnta ini minim perhatian,,,,dan perlu bpk ibu ketahui,,,apa cukup zamn yng secnggih ini,bkerja hanya d byar500ribu,,,wajar?bkanya wjar bu,tp pada waFat semua,,,,,untuk pemerinta,,,,tlong lah,jngan GURU TRUS YANG ANDA SANJUNG2,,DAN ANDA PERHATIKAN,,,COBALH PERHATIKAN KMI,YNG SELLU MENGAPDI UNTUK MENIGGATKAN KUALITAS KESEHATAN D SE ANTERO NUSANTARA NE,DNGN PENUH IHLAS,DAN SEPENUH HATI,,,,,TLONG PERHATIKAN KAMI,,,,,,,,MNGKIN SNE SKULUMIT CRHATAN KMI SEBAGAI TENAGA PERAWAT,,,KHUSUSNYA PERAWAT PTT ANGKATAN 2010.TEMEN TEMEN BERDOA AJA TAHUN NE GAJI QT NAIK,,,AMIN,,,,,,

    • salam angkatan 2010…..setuju bila gaji naik…..sudah 4 tahun kok tidak ada perubahan

  10. Bapak yg kami hormati mohon gaji kami perawat PTT dinaikkan,..masak qta mau jual narkoba buat dapat uang.

  11. 500 ribu dapat apa d jaman sekarang maz browwww……,
    jangn guru dan guru saja yng d sanjung , perhtikan jg nasib kami……………..

  12. Bpk/ibu yg kmi hormti,kmi adlh salh satu prWT ptt angkatan pertama di kab.su
    enep.slama ni pulah kmi tlah mngapdikan diri sbg prwt ponksdes.alhmdulillh akhir2 ni kmi tlah mndapatkan yg nmax Nrptt.yg ingin kmi tanyakn apakh dgn kluarx nrptt itu nasib kmi kedepanx bisa terangkat sabagai Pns??bsar harapan kami tuk kiranya bpk/ibu memikirkan nasib kami2 ini.thanks atas jwbnx

  13. Insya Allah bapak Sukarwo akan menjadi gubernur lagi…….saya mohon kepada bapak agar gaji perawat ponkesdes dinaikkkan …..semua kebutuhan hidup sudah naik….sementara gaji kami tetap jalan di tempat….terima kasih atas perhatiannya……….

  14. sering dengar istilah perawat PTT tapi kok perekrutannya tidak pernah ada publikasi…..

  15. Aslmmlkm..kenapa semua pertayaan tidak ada respon atau jawaban dr yg berwenang Чα”̮ ?! Makasih

  16. Ass..Pak,.bgmn nsb prwt pnksds di kab.pnrogo?kpn gaji naik?Mohon pak Gub& pak Wagub,jg memperhatikan nasib kami… jangan guru&tenaga yg PNS aja yg diurusi.Trims

  17. saya sebagai perwakilan ptt pusat kab buol kami sudah mengabdi selama 3 tahun dan di janjikan akan jadi PNS tapi kapan ..mohon pikirkan nasib kami.

  18. Bapak yang terhormat kapan ya gaji perawat ponkesdes naik insyallah kami akan memberikan lebih kepada masyarakat terutama masalah kesehatan…..karena pepatah bilang ” DIDALAM TUBUH YANG SEHAT TERDAPAT JIWA YANG KUAT”

  19. PONKESDES SAMPANG koq g ada kabar ea… mslah gaji koq dbawah UMR bngeeet… mng bener pepatah blng ” DIDALAM TUBUH YANG SEHAT TERDAPAT JIWA YAG KUAT” tp klo GAJIy di bawah UMR, mana bs perawaty SEHAAAAAAT… mana mungkin bs ngrwat px sekarat, wong perawaty MANGAP2… krn GAJIy d bwah UMR….

  20. Prhtkn nasib prwt pnksdes..dg pngabdian dn tnggung jwb yg dibrikan dg gaji 500dibwh UMR plyn tdk akn mksmal,,,msak gaji prwt sm dg gaji pmbantu…tlong smkn dg ptt bidan….

  21. Bpk/ibu pejabat yg berwenang.. mohon kiranya bs memberikan penjelasan atas pertanyaan teman teman diatas. kami rasa pertanyaan temen teman diatas sdh mewakili perawat ponkesdes yg ada di jawa timur. perhatian dr bpk/ibu akan memberikan semangat buat kami bekerja lbh baih baik.

  22. Bpk/ibu semuanya, kita ini rakyat biasa yg hanya bisa sawang sinawang. Dari beberapa komentar tenaga kesehatan, guru begitu diperhatikan kesejahteraannya……. namun kenyataannya TIDAK JUGA justru pegawai di departemen lainlah yg banyak memperoleh REMUNERASI dan Tunjangan kinerja dengan tidak banyak masalah dan tanpa ribut2, dan lebih sejahtera lagi yg ada dilingkungan departemen keuangan…….. Guru, Perawat, dunia pendidikan dan kesehatan HANYALAH TEMA POLITIK yg layak untuk dijual namun nyatanya sungguh ironis…….

  23. Bapak Gubenur yg saya hormati, saya mohon kiranya bapak beri komentar, semua pretanyan di atas sudah mewakili semua perawat ponkesdes se jawa timur, khususnya angkatan 2010.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2014. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim